Rentcar MaC
Mau iklan?

Wartawan Senior Om Taufik Prediksi Ria Norsan di Atas Angin Pilgub Kalbar 2024

Wartawan Senior Om Taufik Prediksi Ria Norsan di Atas Angin Pilgub Kalbar 2024

Prediksi Pilgub Kalbar 2024 oleh Wartawan Senior Kalbar, Om Taufik.-Dok. Pontianak Info Disway-Sy. Nurul Hidayatullah

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) 2024 sudah memasuki tahap awal, menandai dimulainya pesta demokrasi dalam Pilkada Serentak 2024 di provinsi ini. Dalam konteks ini, prediksi terkait calon yang akan maju dalam Pilgub Kalbar kali ini disampaikan oleh wartawan senior, Drs. H. Muhammad Taufik. Senin 9 September 2024.

Menurut Taufik, yang telah berpengalaman selama 35 tahun sebagai wartawan di Jawapost Group dan Pontianak Post, analisis pemilu di Kalbar sangat dipengaruhi oleh faktor suku, ras, dan agama. Komposisi demografis di Kalbar adalah 55% Muslim dan 45% Non-Muslim, yang meliputi kelompok Dayak, Cina, dan suku-suku lainnya. Kata Om Taufik Wartawan Senior.

Dalam pertarungan tiga pasangan calon gubernur, ketiganya memiliki latar belakang Muslim. Pasangan Sutarmidji-Didi terdiri dari dua Muslim, sementara Ria Norsan-Krisantus adalah kombinasi Muslim dan Non-Muslim, dan Muda-Jakius Sinyor terdiri dari Muslim dan Non-Muslim.

Taufik memperkirakan bahwa dari 55% suara Muslim, Sutarmidji diperkirakan akan meraih sekitar 30%, sementara Norsan diprediksi mendapatkan 10-15% dan Muda sekitar 10%.

BACA JUGA: Juli Suryadi Burdadi Dampingi Erlina dalam Pilkada Mempawah 2024

 

Dari sisi suara Non-Muslim, Taufik memprediksi bahwa Sutarmidji-Didi akan mendapatkan sekitar 5% dari 45% suara Non-Muslim, sehingga total suara mereka diperkirakan mencapai 35%. Di sisi lain, pasangan Norsan-Krisantus, yang didukung oleh mesin politik PDIP, diperkirakan akan meraih 30% dari suara Non-Muslim, yang menjadikan total suara mereka mencapai sekitar 40%. Muda-Jakius Sinyor diperkirakan akan memperoleh 10-15% dari suara Non-Muslim, sehingga total prediksi suara mereka berada di kisaran 20-25%.

Rangkuman prediksi menunjukkan bahwa:

1. Ria Norsan dan Krisantus berpotensi meraih 40% suara.

2. Sutarmidji dan Didi diperkirakan akan mendapatkan 35% suara.

3. Muda dan Jakius Sinyor diperkirakan memperoleh 25% suara.

Drs. H. Muhammad Taufik menilai bahwa peluang terbesar saat ini dimiliki oleh Ria Norsan. Ia juga menambahkan bahwa Sutarmidji harus bekerja keras untuk meningkatkan dukungan dari pemilih Non-Muslim, dengan target minimal 15% dari 45% suara Non-Muslim.

BACA JUGA: Juli Suryadi Burdadi Dampingi Erlina dalam Pilkada Mempawah 2024

Sekilas Profil Drs. H. Muhammad Taufik

Drs. H. Muhammad Taufik adalah seorang wartawan senior yang telah berkecimpung dalam dunia jurnalistik selama 35 tahun, dan saat ini menjabat sebagai direktur percetakan di Pontianak Post.

Taufik juga merupakan ayah dari dua anak yang kini aktif di Pontianak Info Disway. Istrinya, Hj. Z. Yuniarti, SE., adalah politisi dan Wakil Ketua DPD Kota Partai Nasdem Kota Pontianak. Selama kariernya, Taufik pernah meraih runner-up nasional sebagai wartawan terbaik, aktif di PWI Kalbar sebagai wakil ketua, dan dikenal sebagai sosok yang rendah hati namun tegas oleh jajarannya.

Sumber: