Rentcar MaC
Mau iklan?

Gelar Jepin Massal di Jalan Ayani Sampai Sungai Jawi, Ani Sofian: Sejarah Jepin Massal Terpanjang!

Gelar Jepin Massal di Jalan Ayani Sampai Sungai Jawi, Ani Sofian: Sejarah Jepin Massal Terpanjang!

Dokumentasi Jepin Massal Tahun 2023-RRI-Web

PONTIANAINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-253 Kota Pontianak pada Oktober nanti berencana akan kembali menggelar kegiatan jepin massal yang diselenggarakan pada sepanjang Jalan Ahmad Yani mulai dari simpang empat Polda Kalbar hingga Jalan KH Wahid Hasyim tepatnya di depan Masjid Agung Al Falah. Rencana kegiatan ini disampaikan oleh Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian. 

 

“Ini tahap rencana dan masih akan kita upayakan, bagaimana respon masyarakat Kota Pontianak terutama, mudah-mudahan bisa terwujud dan tentu akan menjadi sejarah pertama digelarnya jepin massal sepanjang Jalan Ahmad Yani sampai gertak tiga,” ujar Ani seusai ditemui pada rapat koordinasi bersama dinas terkait di Kantor Wali Kota, Rabu 11 September 2024.

 

Upacara puncak perayaan Hari Jadi Pontianak yang nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober. Sementara itu, untuk di tanggal 20 akan dilaksanakan jepin massal. Untuk sekarang Pemkot Pontianak, terang Ani Sofian, sedang gencar menyusun rencana agenda yang akan diselenggarakan pada tanggal 21-22 Oktober.

 

“Tentu harapannya rencana ini akan disambut dengan antusias warga Kota Pontianak, dengan begini kita harus menyambut kebahagiaan hari jadi daerah. Mungkin kalau tahun-tahun sebelumnya kita menggelar kegiatan tersebut di Jalan Rahadi Usman,” terangnya.

 

BACA JUGA:Patuhi KTR! Pontianak Duduki Peringkat Tiga Nasional, Ani Sofian : Bisa Meningkat Peringkat Kedua atau Pertama

 

Seluruh masyarakat mulai dari pelajar SD, SMP, SMA, para warga, karyawan swasta, pegawai instansi hingga ASN akan turun dan berbaur pada kegiatan besar tersebut. Ani Sofian juga ingin agar dapat melibatkan segala unsur. Ia juga mempersilahkan bagi warga Kota Pontianak untuk dapat menggunakan baju adat dari daerah manapun, dan baju-baju di luar baju khas Melayu Pontianak.

 

“Pakai baju apapun nanti tetap berjepin, karena kita akan mengajak seluruh unsur,” ujar Pj Wali Kota.

 

Berbagai rekor pun siap untuk dicatatkan, dimulai dari jumlah peserta jepin terbanyak dan lain-lainnya. Ani Sofian sangat berharap, jika nantinya kegiatan tersebut mengundang sangat banyak mata dari luar daerah maupun luar negeri. Pada akhirnya akan mengundang banyak kontribusi sektor retribusi dan pajak untuk daerah Kota Pontianak.

 

BACA JUGA:Pasca Kejadian Pekerja Bangunan Tertimpa Reruntuhan Ruko di Martapura Baru, Begini Tanggapan Ani Sofian

 

Untuk memeriahkan Hari Jadi Pontianak 23 Oktober mendatang, Pj Wali Kota mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam menyemarakkan ulang tahun kota yang berdiri sejak tahun 1771 ini. Kemudian, selama bulan Oktober, seluruh instansi pemerintahan, perkantoran, tempat usaha maupun tempat tinggal, diimbau untuk membuat dan memasang Pohon Manggar, umbul-umbul maupun spanduk ucapan Selamat Hari Jadi ke-253 Pontianak. 

 

"Hal ini dalam rangka kita menggaungkan kemeriahan Hari Jadi Pontianak sebagai bentuk untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kecintaan terhadap Kota Pontianak," katanya.

 

Peringatan Hari Jadi ke-253 Pontianak tahun 2024 ini akan mengusung tema 'Pontianak Unggul dan Berkelanjutan'. Ani meminta kepada seluruh panitia yang terlibat agar dapat mempersiapkan dan memperhatikan detail setiap agenda yang akan digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pontianak. Ia juga menekankan untuk mempersiapkan pengamanan, baik dari sisi lalu lintas maupun kamtibmas.

 

"Kita semua berharap selama perayaan Hari Jadi Pontianak tahun ini berjalan lancar dan sukses, untuk itu harus ada kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak," katanya. 

Sumber: rri.co.id