Rentcar MaC
Mau iklan?

Menjelang HUT RI ke-79, Paskibraka 2024 Perempuan Lepas Jilbab, BPIP Diduga Jadi Biang Keroknya

Menjelang HUT RI ke-79, Paskibraka 2024 Perempuan Lepas Jilbab, BPIP Diduga Jadi Biang Keroknya

Anggota Paskibraka saat berfoto dengan Presiden dan jajarannya, menjelang HUT RI ke-79-sisiterang.official-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Ada yang berbeda dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pada tahun ini, semua Paskibraka lebih khususnya perempuan tidak ada yang mengenakan jilbab atau hijab.

Bahkan, termasuk delegasi dari Aceh yang sebelumnya mengenakan jilbab, tiba-tiba ketika sampai di IKN harus mencopot penutup aurat tersebut.

Hal itu jelas berbeda dengan kebijakan sebelumnya yang membebaskan Paskibraka perempuan boleh mengenakan jilbab atau tidak.

Saat ini, penanggung jawab Paskibraka 2024 adalah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pembina Paskibraka Nasional 2021, Irwan Indra menuding, kewajiban copot jilbab bagi Paskibraka perempuan merupakan ulah BPIP.

BACA JUGA:Pemkab Mempawah Gelar Perlombaan Gerak Jalan Dalam Rangka HUT RI ke-79

"Pasti BPIP, karena sekarang yang bertanggung jawab mengurusi Paskibraka 2024 adalah BPIP," kata Irwan ketika dikonfirmasi Republika.co.id di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024. Dia pun heran, mengapa BPIP sampai harus mewajibkan Paskibraka 2024 yang perempuan mencopot jilbab.

Irwan sendiri mendapatkan informasi sebenarnya ada 18 perwakilan Paskibraka perempuan yang mengenakan jilbab. Namun, semuanya harus mencopot penutup kepala tersebut karena aturan yang dikenakan BPIP. "Bahkan ada yang sudah sejak SD dan SMP memakai jilbab harus dicopot karena ikut Paskibraka 2024," kata Irwan.

Dia menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang sebelumnya bertanggung jawab atas Paskibraka pasti tidak terlibat dalam urusan itu. Karena Irwan mendesak agar BPIP bisa menjelaskan ke publik atas kebijakan diskriminasi copot jilbab bagi Paskibraka perempuan.

Sementara itu, dalam foto yang diterima, memang terlihat Paskibraka perempuan tidak ada yang memakai jilbab. Semuanya terlihat seragam harus menunjukkan rambutnya.

Sumber: sisiterang.official