Rentcar MaC
Mau iklan?

Menjaga Kesehatan Bayi, Makanan yang Harus Dihindari untuk Anak di Bawah Lima Tahun

Menjaga Kesehatan Bayi, Makanan yang Harus Dihindari untuk Anak di Bawah Lima Tahun

Memberikan makanan yang baik untuk anak-Pixabay-https://pixabay.com/photos/baby-eating-firsts-food-child-2423896/

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Masa pertumbuhan bayi di bawah lima tahun adalah fase kritis yang memerlukan perhatian khusus terutama dalam hal pola makan.

Pemilihan makanan yang tepat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal. Namun, tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak balita.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan lebih mendalam tentang makanan yang sebaiknya dihindari untuk bayi berumur di bawah lima tahun.

Gula Tambahan:

Gula tambahan pada makanan dan minuman sebaiknya dihindari pada anak di bawah lima tahun. Kebiasaan mengonsumsi gula tambahan dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit gigi pada anak-anak. Pilihlah makanan yang alami manis, seperti buah-buahan, sebagai alternatif yang lebih sehat.

 

Garam Berlebihan:

Mengonsumsi garam berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan ginjal dan tekanan darah anak-anak. Pilihlah makanan yang rendah garam dan hindari memberikan makanan siap saji yang cenderung mengandung kadar garam yang tinggi.

 

Makanan Cepat Saji dan Junk Food:

Makanan cepat saji dan junk food mengandung lemak trans, gula tambahan, dan garam dalam jumlah yang tinggi. Konsumsi makanan ini dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit degeneratif pada usia yang lebih muda. Pilihlah makanan yang lebih sehat, seperti buah, sayuran, dan protein seimbang.

 

Makanan Tinggi Alergen:

Bayi dan anak balita cenderung rentan terhadap alergi makanan. Hindari memberikan makanan yang tinggi alergen seperti kacang, telur, ikan, dan produk susu hingga bayi berusia setahun. Perkenalkan satu jenis makanan alergen dalam satu waktu dan pantau respon bayi dengan cermat.

Sumber: