Rentcar MaC
Mau iklan?

Awal Sejarah! VAR Digunakan Pertama Kali di BRI Liga 1!

Awal Sejarah! VAR Digunakan Pertama Kali di BRI Liga 1!

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) akhirnya  sudah diterapkan di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Teknologi tersebut mulai digunakan sejak Championship Series.

Memang rencana penggunaan VAR tersebut sudah direncanakan sejak tahun 2023. PSSI sendiri memastikan bahwa teknologi VAR tersebut akan segera digunakan di BRI Liga 1 2023/2024.

Setelah menunggu proses beberapa bulan, VAR akhirnya bisa diterapkan di BRI Liga 1 2023/2024. Teknologi tersebut diterapkan di Championship Series.

BACA JUGA:Diluar Nalar! Fans Tottenham Ingin Tottenham Kalah?

Pertandingan leg pertama semifinal antara Bali United melawan Persib Bandung menjadi laga pertama BRI Liga 1 2023/2024 yang menggunakan teknologi VAR.

Penggunaan VAR sendiri merupakan upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas pertandingan Liga 1 di Indonesia karena pada Liga Thailand, Vietnam, dan Malaysia sudah dahulu menggunakan VAR. Tentunya Indonesia sendiri tidak ingin ketinggalan langkah dengan negara Asia lain, mengingat sepakbola di Indonesia juga sudah berkembang pesat.

BACA JUGA:FIFA Hadapi Ancaman Tindakan Hukum Dari Asosiasi Liga Mengenai Jadwal Piala Dunia Antar Klub

Penggunaan VAR Selama Pertandingan

Dalam pertandingan Bali United melawan Persib Bandung, VAR tidak banyak beraksi. Tidak banyak insiden yang diperiksa VAR pada pertandingan ini.

Namun masuk awal babak kedua, VAR akhirnya resmi debut di BRI Liga 1 2023/2024. Dalam tayangan ulang, Kadek Agung melakukan pelanggaran terhadap David Da Silva di kotak penalti Bali United.

Awalnya wasit Heru Cahyono tetap melanjutkan pertandingan. Namun wasit VAR mengontak sang wasit untuk memberi tahukan insiden tersebut. Ia menjelaskan detail kejadian yang ia lihat dari tayangan ulang. Setelah mendengar penjelasan itu, Heru Cahyono langsung berjalan ke pinggir lapangan untuk memeriksa tayangan tersebut.

BACA JUGA:Kukira Banjir Trophy, Ternyata Banjir Air

Sumber: disway kalbar