Rentcar MaC
Mau iklan?

FIFA Hadapi Ancaman Tindakan Hukum Dari Asosiasi Liga Mengenai Jadwal Piala Dunia Antar Klub

FIFA Hadapi Ancaman Tindakan Hukum Dari Asosiasi Liga Mengenai Jadwal Piala Dunia Antar Klub

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.COM - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) terancam digugat secara hukum oleh serikat pesepakbola dunia yang tergabung dalam Fifpro dan Asosisasi Liga-Liga Dunia sehubungan dengan Piala Dunia Antar Klub tahun depan.

Gugatan muncul setelah FIFA berencana menyelenggarakan Piala Dunia Antar Klub dengan 32 peserta. Fifpro dan Asosiasi Liga-Liga Dunia menganggap rencana tersebut membuat jadwal semakin padat yang menimbulkan risiko bagi pemain.

Dikabarkan BBC, dua lembaga itu mengatakan bahwa saat ini saja kalender sepakbola global telah melampaui kejenuhan sampai pada titik liga-liga nasional tidak mampu menyelenggarakan kompetisi secara layak.

BACA JUGA:Kukira Banjir Trophy, Ternyata Banjir Air

Penyelenggaraan Piala Dunia Antar Klub

Piala Dunia Antar Klub sendiri tak akan digelar pada 2024 dan akan menggunakan format baru pada 2025. Dalam versi barunya, Piala Dunia Antar Klub dilaksanakan empat tahun sekali, dan akan dimainkan seperti Piala Dunia internasional, dengan tiga laga fase grup sebelum babak 16 besar hingga final. Tahun 2025 dimainkan pada 15 Juni sampai 13 Juli, yang artinya pemain sudah harus kembali merumput hanya dua pekan setelah final Liga Champions. Pemain pun dikhawatirkan akan mengalami kelelahan karena event itu.

Piala Dunia Antar Klub dengan 36 peserta akan dimulai pada tahun depan. Pada saat yang sama, tiga kejuaraan antar klub Eropa, Liga Champions, Europa, dan Konferensi juga menambah peserta menjadi 36 klub.

Dengan kondisi seperti itu, satu klub akan memainkan sebanyak 17 pertandingan untuk memenangi kompetisi. Liga Champions dan Europa bakal punya delapan tahapan pertandingan sampai final dibandingkan enam fase yang berlaku saat ini.

BACA JUGA:Mantan Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier Masuk Calon Dirtek PSSI?

Dalam suratnya kepada Presiden FIFA, Fifpro dan Asosiasi Liga-Liga Dunia mengatakan bahwa induk organisasi sepakbola dunia tersebut harus melakukan penyesuaian di kompetisi lain jika tetap menggelar Piala Dunia Antar Klub dengan 36 tim.

Mereka juga mengatakan bahwa jika FIFA tak mempertimbangkan keluhan ini dalam kongres di Bangkok, Thailand, 17 Mei nanti, mereka bakal mengambil pilihan tindakan yang tersedia.

“Pilihan-pilihan ini termasuk gugatan hukum terhadap FIFA,” kata Fifpro dan Asosiasi Liga-Liga Dunia.

Manchester City dan Chelsea sudah termasuk dalam 12 klub perwakilan Eropa untuk Piala Dunia Antar Klub. Adapun kejuaraan itu akan digelar di Amerika Serikat pada Juni Juli 2025.

BACA JUGA:Resmi! Solo dan Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-16 dan U-19 Tahun 2024

Sumber: disway kalbar