Direktur RSUD Sekadau Beberkan Empat Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Masyarakat
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekadau, dr. Tanjung Harapan Tampubolon, menyampaikan komitmen kuat rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat-Gosip Pontianak-dokumen istimewa
PONTIANAKINFO.COM, SEKADAU - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekadau, dr. Tanjung Harapan Tampubolon, menyampaikan komitmen kuat rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hal tersebut ia paparkan dalam keterangan resminya, Selasa siang.
“Selamat siang dan salam sehat bagi kita semua. RSUD Sekadau terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dengan beberapa strategi,” ujar dr. Tanjung Harapan pada Kamis,12 Desember 2025.
Ia menjelaskan, strategi pertama difokuskan pada peningkatan jumlah layanan subspesialis. Saat ini RSUD Sekadau telah memiliki berbagai dokter dan layanan subspesialis, di antaranya penyakit dalam, anak, bedah, kandungan, THT, jiwa, paru, mikrobiologi, patologi klinik, radiologi, serta okupasi.
BACA JUGA:Direktur RSUD Sekadau Beberkan Empat Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Masyarakat
Selain itu, fasilitas penunjang seperti fisioterapi, laboratorium, IGD, farmasi, layanan gigi, psikologi, CSSD, hingga laundry juga terus diperkuat untuk mendukung pelayanan yang lebih komprehensif. Strategi kedua yang diterapkan adalah pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) secara berkala.
“FGD ini bertujuan menampung aspirasi masyarakat dan menilai langsung bagaimana pelayanan yang diberikan rumah sakit,” jelasnya.
Strategi ketiga, RSUD Sekadau rutin melakukan survei kepuasan masyarakat setiap semester. Survei ini penting untuk mengetahui persepsi dan pengalaman masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit sebagai bahan evaluasi dan perbaikan.
BACA JUGA:Edukasi RSUD SSMA Pontianak: Ini Makanan yang Dianjurkan bagi Penderita TBC
Kemudian, strategi keempat adalah pelaksanaan penilaian akreditasi oleh lembaga independen.
“Akreditasi dilakukan untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan rumah sakit, apakah sudah sesuai standar nasional. Ini juga menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan mutu,” tegasnya.
Melalui empat strategi utama tersebut, RSUD Sekadau berharap dapat memberikan pelayanan yang semakin berkualitas, aman, dan terpercaya bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau.
Sumber:




