Rentcar MaC
Mau iklan?

Bawaslu Kabupaten Mempawah Gelar Sosialisasi Netralitas Kepala Desa untuk Pilkada 2024

Bawaslu Kabupaten Mempawah Gelar Sosialisasi Netralitas Kepala Desa untuk Pilkada 2024

Turut hadir, Pj Bupati Mempawah Ismail, Kejari kabupaten Mempawah, Perwakilan Dandim 1201 Mempawah dan Perwakilan Polres Mempawah serta pihat terkait lainnya. Acara ini berlangsung di Wisata Nusantara Mempawah, pada Selasa, 10 September 2024. -Pontianak Disway-Kamera

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten MEMPAWAH menyelenggarakan sosialisasi bertajuk "Pemilihan Partisipatif: Netralitas Kepala Desa Dalam Pemilihan Tahun 2024" hari ini, Selasa (10/9/2024). Acara ini berlangsung di Wisata Nusantara MEMPAWAH, Kalimantan Barat.

Rangkaian acara meliputi pembukaan dengan lagu Indonesia Raya dan Mars Bawaslu, sambutan, pembacaan doa, serta penutup dengan Ikrar Netralitas Kepala Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024.

Sambutan dari Anggota Bawaslu Mempawah, Hanise SE, menyampaikan terkait Pilkada 2024 saat ini kita sudah melalui penetapan calon dan setelahnya akan memasuki masa kampanye untuk tahapan pilkada selanjutnya.

BACA JUGA: PC PMII Mempawah Sukses Gelar Rakercab Pertama Secara Terpisah di Aula Kemenag Mempawah


Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara langsung oleh Ismail selaku PJ Bupati Mempawah dan diikuti peserta dari kades dan lurah se-kabupaten Mempawah berjumlah 67 orang di Wisata Nusantara Mempawah. Selasa 10 September 2024.-Pontianak Info Disway-Kamera

Menurut Hanise, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa: Pasal 29 huruf (g) disebutkan bahwa kepala desa dilarang menjadi pengurus partai politik dan pada huruf (j) dilarang untuk ikut serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah.

"Dengan hal ini, hanise dalam sambutannya mengajak seluruh kades, mari kita bersama menjaga komitmen dan Netralitas karena semuanya sudah diatur dalam Undang-Undang, dan kami dari Bawaslu tetap memantau walaupun dari medsos Bapak atau ibu Kades tetap kami pantau," kata Hanise.

Hal senada juga disampaikan oleh Janurius, Anggota Bawaslu Mempawah bahwa Bawaslu Mempawah telah melaksanakan (Waskat) Pengawasan Melekat yang cermat terhadap rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat Kelurahan/Desa se-Kabupaten Mempawah.

"Pengawasan ini merupakan bagian integrasi dari upaya Bawaslu untuk memastikan integritas dan transparansi proses Pemilhan serentak 2024," ungkap Janurius.

BACA JUGA: Ketua Relawan Sahabat Ria Norsan Dukung Penuh Norsan-Krisantus di Pilkada Kalbar 2024


Tampak Peserta dari kades dan lurah se-kabupaten Mempawah berjumlah 67 orang dan Acara ini berlangsung di Wisata Nusantara Mempawah, Selasa 10 September 2024.-Pontianak Disway-Kamera

Kemudian, sambutan Pj Bupati Mempawah, Ismail mengatakan bahwa kita tadi mendengarkan beberapa poin dari Bawaslu Kabupaten Mempawah, tentu kita pernah melaksanakan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang belum lama satu tahun tepat bulan februari 2024.

"Tentu hal ini menjadikan pengalaman untuk para kades dan Kabupaten Mempwah termasuk tercepat dalam pemungutan suara sebelumnya," ujar Ismail.

Lebih lanjut, Ismail menyampaikan dan harapan bersama mari kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk kita edukasi, kita layani dan kita sosialisasikan sehingga tingkat partispatif terkhususnya di Pilkada Mempawah bisa meningkat menjadi 90 persen.

Sumber: harian disway kalbar