Rentcar MaC
Mau iklan?

Ini Dia Jadwal Pelantikan Anggota DPRD se-Kalimantan Barat!

Ini Dia Jadwal Pelantikan Anggota DPRD se-Kalimantan Barat!

Aksi masyarakat Pontianak di Gedung DPRD Kalimantan Barat-Ajxxs-Tiktok

PONTIANAKINFO.DSIWAY.ID - Pelantikan anggota DPRD se Kalimantan Barat terpilih untuk periode 2024-2029 dijadwalkan pada September 2024. Pelantikan ini mengikuti rangkaian tahapan Pemilu 2024 yang dimulai dari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 dan diakhiri dengan penetapan hasil pemilu pada Maret 2024. 

Jadwal pelantikan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota disesuaikan dengan akhir masa jabatan anggota yang sedang menjabat.

Pelantikan ini merupakan salah satu tahap penting setelah proses Pemilu Legislatif, yang dimana calon anggota DPRD terpilih akan diambil sumpah/janjinya sebagai wakil rakyat untuk lima tahun ke depan. 

Proses ini berjalan setelah masa kampanye dan penghitungan suara selesai, yang berlangsung hingga pertengahan Maret 2024.

BACA JUGA:Dapat Restu Istri, Cabup Sambas Fahrur Rofi: Doa Istri, Masyarakat Mengamini

Selain pelantikan DPRD, pada bulan yang sama juga akan dilakukan pelantikan anggota DPR RI, DPD, serta Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Jadwal ini telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka memastikan keberlanjutan roda pemerintahan dan legislasi di tingkat daerah hingga nasional​.

Sebagai informasi, DPRD Kalimantan Barat terdiri dari 65 anggota yang terpilih melalui Pemilu, dan mereka akan mengemban tugas-tugas legislasi, pengawasan, dan penganggaran di tingkat provinsi. 

Pelantikan ini akan mengukuhkan kembali peran penting mereka dalam menjalankan fungsi pemerintahan daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA:Memutuskan Untuk Tidak Maju Dalam Pilkada 2024, Berikut Profil Lasarus!

Secara keseluruhan, bulan September ini akan menjadi momen penting bagi pemerintahan daerah dan nasional Indonesia, dengan pelantikan anggota dewan di semua tingkatan dan pelantikan Presiden serta Wakil Presiden.

Berikut adalah Jadwal pelantikan anggota DPRD se-Kalimantan Barat :

- Kabupaten Kayong Utara - 9 September 2024

- Kabupaten Melawi - 9 September 2024

Sumber: