Optimasi Brand Kamu untuk ChatGPT, Gemini, dan Mesin AI Lainnya
--
- Bagaimana cara optimasi GEO untuk bisnis lokal di Indonesia?
6. Bangun Kredibilitas Digital
AI juga menilai reputasi brand. Faktor yang diperhatikan:
- Frekuensi pembaruan konten
- Konsistensi tone dan pesan di seluruh kanal
- Seberapa sering situsmu dikutip atau dibagikan oleh situs lain
Semakin kuat jejak digital-mu, semakin besar peluang kontenmu diambil oleh mesin AI.
7. Optimalkan Konten Visual dan Multimedia
Model AI modern sudah bisa memahami gambar, video, dan audio.
Oleh karena, itu gunakan alt text dan deskripsi media yang informatif, bukan sekadar kata kunci, seperti:
“Infografis strategi GEO untuk bisnis kecil di Indonesia.”
Selain membantu SEO, deskripsi yang kontekstual juga mempermudah AI mengenali isi visualmu.
Kesimpulan
GEO (Generative Engine Optimization) adalah evolusi alami dari SEO — strategi baru agar brand kamu bisa muncul di percakapan AI, bukan sekadar pencarian.
Dengan GEO, sebuah bisnis akan bisa memastikan dirinya terbaca, dipahami, dan direkomendasikan oleh mesin seperti ChatGPT, Gemini, atau Copilot.
Kalau kamu ingin memastikan brand-mu siap menghadapi era pencarian berbasis AI, kamu bisa bekerja sama dengan freelancer digital strategist atau content specialist di Sribu.
Mereka akan bisa bantu kamu menyusun strategi GEO dan menulis konten yang siap direkomendasikan oleh AI.
Karena di masa depan, keputusan pembelian tidak lagi dimulai dari mesin pencari — tapi dari percakapan dengan AI.





