Dorong UMKM, Krisantus Kurniawan : Bank Kalbar Harus Jemput Bola untuk Majukan Usaha Kecil

Jumat 18-10-2024,21:57 WIB
Reporter : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Krisantus Kurniawan, menekankan pentingnya peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendorong perekonomian Kalbar.

Bersama Calon Gubernur Kalbar nomor urut 02, Ria Norsan, Krisantus berkomitmen untuk memberikan perhatian serius terhadap pengembangan UMKM, terutama dengan keterlibatan lebih aktif dari Bank Kalbar.

"Bank Kalbar, sebagai bank milik pemerintah daerah, harus jemput bola dalam mendukung UMKM. Tidak bisa hanya berdiam diri dengan membagikan selebaran atau literatur, tapi harus langsung turun ke lapangan," ujar Krisantus.

Ia mencontohkan pedagang kecil seperti penjual pecel lele dan martabak yang sering kali tidak paham bagaimana cara mengajukan kredit usaha. Menurutnya, edukasi langsung harus diberikan kepada pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang.

BACA JUGA:PRO Rakyat! Norsan-Krisantus Jamin Beri Izin Pertambangan Rakyat untuk Masyarakat Perhuluan Kalbar

Krisantus menegaskan, jika dirinya dan Ria Norsan terpilih, mereka akan meminta Bank Kalbar untuk mendatangi kelompok-kelompok usaha kecil.

“Kita harus edukasi mereka tentang bagaimana cara mengakses kredit UMKM. Banyak yang hanya fokus bertahan hidup tanpa mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan usahanya. Ini tugas pemerintah untuk memastikan mereka punya peluang untuk maju,” tambahnya.

Visi ini menempatkan UMKM sebagai salah satu pilar utama pembangunan ekonomi daerah. Krisantus yakin bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, pelaku usaha kecil bisa naik kelas, dari usaha kecil menjadi usaha menengah, bahkan lebih besar lagi.

"Ini bukan hanya soal bertahan hidup, tapi bagaimana kita bisa mengubah usaha kecil menjadi penggerak ekonomi daerah," tuturnya.

BACA JUGA:Relawan Jiwo Sukir Gas Pol Menangkan Pasangan Norsan-Krisantus di Kubu Raya

Selain fokus pada UMKM, Krisantus juga menyinggung program-program lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti peningkatan infrastruktur, kesejahteraan tenaga pendidik dan kesehatan, serta upaya pengaturan tambang emas tanpa izin agar lebih menguntungkan daerah.

Dengan program-program yang berpihak kepada masyarakat kecil, terutama UMKM, pasangan Ria Norsan-Krisantus optimis dapat membawa perubahan signifikan bagi perekonomian Kalbar ke depan.

Tags :
Kategori :

Terkait