Pemkab Mempawah Gelar Upacara Kesiapsiagaan Karhutla Utamakan Sinergitas

Jumat 02-08-2024,17:14 WIB
Reporter : Ahmad Mus, S. H
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah menggelar Apel Siaga Darurat Penanganan Bencana Asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada Jumat, (2/8/2024) pagi di Halaman Kantor Bupati Mempawah. 

Apel ini dipimpin oleh Pj Bupati Mempawah Ismail dan dihadiri oleh Pj Sekda Mempawah Juli Suryadi, Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono, Dandim 1201/Mph Letkol Inf Benu Supriyantoko, serta pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Ismail menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan apel tersebut. "Kesiapsiagaan ini merupakan wujud bersama dalam mengantisipasi potensi Karhutla di tahun 2024 di Mempawah," ujarnya.

BACA JUGA:Polres Mempawah Ungkap 8 Kasus Narkotika Pada Juli 2024: Kabupaten Sudah Masuk Kategori Darurat 

Ismail mengingatkan dampak buruk yang dirasakan tahun sebelumnya, seperti kerugian material pada lahan produktif dan kawasan hutan, serta masalah kesehatan seperti ISPA.

Ismail juga menegaskan pentingnya sinergi dan koordinasi lintas sektoral dalam penanganan bencana ini. "Status siaga bencana asap telah ditetapkan. Kami mengajak seluruh OPD, stakeholder, dan pemangku karhutla untuk aktif dalam mencegah Karhutla di kabupaten ini," tegasnya.

Apel Siaga ini bertujuan untuk meminimalisir dampak Karhutla serta memastikan kesiapan semua pihak dalam menghadapi kemungkinan bencana yang akan datang. 

 

Kategori :