Rentcar MaC
Mau iklan?

Inovasi Medis Terbaru: Teknologi Nanorobot Mampu Melawan Kanker Secara Efektif

Inovasi Medis Terbaru: Teknologi Nanorobot Mampu Melawan Kanker Secara Efektif

teknologi nano di dunia medis-Erwin Irvandi Putra-Pinterest

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Dalam lompatan besar bagi dunia kedokteran, ilmuwan telah menciptakan teknologi nanorobot terbaru yang menjanjikan dalam melawan kanker. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit mematikan ini, memberikan harapan baru dalam perang melawan kanker.

 

Dalam terobosan revolusioner di bidang pengobatan nanoteknologi, tim ilmuwan dari Arizona State University, bergabung dengan peneliti dari Pusat Nasional untuk Nanosains dan Teknologi (NCNST) Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, telah berhasil menciptakan mesin nano yang dapat menghancurkan tumor dengan memangkas pasokan darah mereka.

BACA JUGA:Tangan Sering Sakit karena Banyak Mengetik? Ini Solusinya!

“Kami telah menciptakan mesin robot DNA pertama yang bekerja secara mandiri untuk merancang obat-obatan yang sangat spesifik dan terapi kanker yang ditargetkan,” ungkap Hao Yan, yang menjabat sebagai Direktur Pusat Desain Molekuler dan Biomimetika ASU Biodesign Institute serta Profesor Milton Glick di Sekolah Molekuler. Sains."

Apa itu nanorobot? Bayangkan robot super kecil, seukuran sel-sel dalam tubuh kita, yang bisa bergerak dan beraksi di dalam tubuh manusia. Inilah yang disebut nanorobot. Dan yang terbaru dari mereka adalah yang dirancang khusus untuk mencari dan menghancurkan sel-sel kanker, sementara melindungi sel-sel sehat di sekitarnya.

 BACA JUGA:Mengurai Mitos Kesehatan: Apakah Diet Keto Benar-benar Aman dan Efektif?

Keunggulan besar dari teknologi nanorobot ini adalah kemampuannya untuk menyerang tumor kanker secara langsung dan presisi. Mereka dapat membawa obat-obatan atau terapi langsung ke tumor tanpa merusak jaringan sehat di sekitarnya. Itulah sebabnya teknologi ini sangat menjanjikan dalam pengobatan kanker.

 

Salah satu cara di mana nanorobot ini bekerja adalah melalui apa yang disebut "pemotongan gen." Mereka dapat diprogram untuk menemukan sel-sel kanker dan menghancurkan mereka dengan memotong bagian penting dari DNA mereka. Tanpa DNA yang berfungsi, sel kanker tidak dapat berkembang atau menyebar.

 

Selain itu, nanorobot juga dapat digunakan untuk mengirimkan obat-obatan langsung ke tumor. Mereka bisa membawa dosis obat kecil tetapi sangat kuat, langsung ke tumor, meminimalkan efek samping yang sering terjadi dalam pengobatan kanker.

 BACA JUGA:Kesehatan Mental di Era Digital: Dampak Media Sosial pada Kesejahteraan Jiwa

Meskipun masih dalam tahap awal pengembangan, teknologi nanorobot ini menjanjikan terobosan besar dalam pengobatan kanker. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan secara luas.

 

Dengan setiap kemajuan dalam teknologi medis, kita semakin dekat dengan menyelamatkan lebih banyak nyawa dari kanker. Teknologi nanorobot adalah contoh nyata bagaimana inovasi bisa membawa perubahan besar dalam dunia kesehatan, membawa kita lebih dekat kepada harapan untuk masa depan bebas kanker.

Sumber: disway kalbar