Rentcar MaC
Mau iklan?

Mengenal Lebih Dekat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Nomor Urut 3 : Muda-Jakius

Mengenal Lebih Dekat Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Nomor Urut 3 : Muda-Jakius

Pasangan Muda-Jakius saat cabut undi nomor urut di KPU Provinsi Kalimantan Barat--Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Sebelumnya calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Muda Mahendrawan dan Jakius Sinyor yang diusung oleh enam partai politik dengan nomor urut 3. Penetapan ini sebelumnya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat pada Senin, 23 September 2024.

Muda Mahendrawan dan Jakius Sinyor, mereka sendiri akan bersaing dengan dua pasangan calon lainnya, yaitu Sutarmidji dan Didi Haryono, serta Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan.

Adapun keenam partai yang mendukung Muda Mahendrawan dan Jakius Sinyor adalah Partai Gelora, Ummat, PKB, PKN, PBB, dan Partai Buruh.

Dengan dukungan keenam partai tersebut tentunya berpotensi meningkatkan elektabilitas pasangan calon Muda Mahendrawan dan Jakius Sinyor.

BACA JUGA:Pasangan Muda-Jakius Dorong Harmoni Agama dan Budaya untuk Kedamaian di Kalbar

Profil Muda Mahendrawan

Muda Mahendrawan lahir di Kota Pontianak, 17 Agustus 1970. Muda sendiri merupakan putra dari Prof. Mahmud Akil dan Sri Puspitawati. Ayahnya pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, yang merupakan Universitas terbesar di Kalimantan Barat. 

Pada tahun 1994, Muda menyelesaikan studi hukumnya di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura. Lalu dia melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar Magister Spesialis Notariat di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, periode 1995–1998.

Muda sendiri sebelumnya pernah dilantik sebagai Bupati Kubu Raya pertama pada 17 Februari 2009. Salah satu prestasinya adalah memperoleh peringkat pertama secara nasional dalam penilaian KPPOD Pusat untuk kategori Perda Terbaik, yang dinilai unggul dalam pelayanan perizinan. 

Pada Pilkada 2018, Muda kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Kubu Raya berpasangan dengan Sujiwo yang merupakan seorang politikus berpengalaman dari PDI Perjuangan. 

Pasangan Muda–Jiwo ini didukung oleh enam partai politik dan berhasil memenangkan Pilkada tersebut dengan meraih suara tertinggi 70,48 persen yang merupakan suara terbanyak di Pilkada tahun 2018 se-Indonesia sehingga Muda kembali menjabat sebagai Bupati Kubu Raya.

BACA JUGA:Muda-Jakius akan Percepat Pembangunan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan di Kalbar

Profil Jakius Sinyor

Jakius Sinyor sendiri lahir pada 18 Juni 1957 di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Dia merupakan lulusan Universitas Tanjungpura dan meraih gelar insinyur pada 1986.

Sumber: