Rentcar MaC
Mau iklan?

Peringatan HSN 2024, Kepala Kemenag Mempawah Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pesantren Berbasis Moderasi

Peringatan HSN 2024, Kepala Kemenag Mempawah Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pesantren Berbasis Moderasi

Dalam sambutannya, Ikhwan Pohan selaku Kepala Kemenag Mempawah, mengapresiasi dukungan Penjabat Bupati Mempawah pada peringatan Hari Santri, di Aula Kantor Bupati Mempawah, pada Selasa 22 Oktober 2024.-Pontianak Disway -WA-Siradj Humas Kemenag Mempawah

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Pada peringatan Hari Santri Nasional 2024, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten MEMPAWAH Ikhwan Pohan, menekankan pentingnya pemahaman moderasi beragama dalam pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten MEMPAWAH.

Acara yang dihadiri Tokoh Penting Daerah dan Pimpinan Ponpes di Mempawah yang berlangsung setelah apel, di Aula Kantor Bupati Mempawah, pada Selasa 22 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Ikhwan Pohan mengapresiasi dukungan Penjabat (Pj) Bupati Mempawah dan berharap acara mendatang dapat digelar lebih meriah. Ia menegaskan bahwa pendidikan moderasi beragama adalah kunci untuk mengajarkan sikap toleransi dan kerukunan dalam masyarakat yang beragam.

 
 

BACA JUGA: Apel Peringatan Hari Santri Nasional di Mempawah Diikuti 1.500 Santri

"Moderasi beragama harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari santri, agar mereka menjadi agen perubahan yang membawa kedamaian," ujarnya.

Lebih lanjut, Ikhwan Pohan menambahkan bahwa peranan pesantren sangat strategis dalam membentuk karakter generasi muda yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang mendalam, tetapi juga mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

"Pondok Pesantren bukan hanya sebagai lembaga pendidikan agama, tetapi juga sebagai wadah pembentukan moral dan etika yang menjadi fondasi awal dalam membangun masyarakat yang damai dan sejahtera. Oleh karena itu, pesantren harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya dengan memasukkan konsep moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan," tambahnya.

 
 

BACA JUGA: Pj Bupati Mempawah: Hari Santri Nasional 2024 Momentum Lahirkan Kader Generasi Muda Berkualitas

Kemudian, Ikhwan Pohan dalam penutupannya berharap, dengan adanya peringatan ini, para santri dan pesantren di Kabupaten Mempawah semakin mendapatkan perhatian dan dukungan, baik dari pemerintah maupun masyarakat luas.

"Mudah-mudahan dengan peringatan Hari Santri ini, membawa kebaikan bagi kita semua dan dapat memperoleh perhatian khusus bagi pondok pesantren," harapnya.

Kendati demikian, adanya peringatan HSN ini juga, menjadi momentum refleksi bagi dunia pesantren untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Ikhwan Pohan menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, pesantren, dan masyarakat untuk mendukung pendidikan berbasis moderasi demi menciptakan generasi yang religius, toleran dan berdaya saing tinggi.

Sumber: disway kalbar