Rentcar MaC
Mau iklan?

Beri Modal UMKM Tanpa Bunga, Ria Norsan Janji Komitmen Perdayakan UMKM Demi Sejahterakan Masyarakat

Beri Modal UMKM Tanpa Bunga, Ria Norsan Janji Komitmen Perdayakan UMKM Demi Sejahterakan Masyarakat

Ria Norsan saat berdialog bersama masyarakat di Aming Coffe Singkawang-Dok. Istimewa-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, SINGKAWANG - Bakal Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan berkomitmen untuk memperdayakan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk demi menunjang kesejahteraan masyarakat.

 

Hal tersebut diutarakan Ria Norsan saat berdialog dengan ratusan warga di Aming Coffee, Kota Singkawang, dalam agenda "Ekspresi Semangat Baru", Kamis 3 Oktober 2024.

 

Norsan mengungkapkan jika gebrakan terhadap pemberdayaan UMKM ini telah sesuai dengan prinsip pembangunan yang dia godok bersama pasangannya, Calon Wakil Gubernur Kalbar, Krisantus Kurniawan.

 

"Meningkatkan peran UMKM. UMKM ini perlu ditingkatkan karena UMKM adalah ujung tombak ekonomi masyarakat," ujarnya.

 
 

BACA JUGA: Dialog Bersama Warga Singkawang, Norsan Bakal Beri Modal UMKM Tanpa Bunga

Ia juga mengatakan, pemberdayaan UMKM ke depan, akan terus didorong agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga kendala dalam pengembangan UMKM seperti akses permodalan akan teratasi.

 

"Kendala kita selama ini adalah modal, fulus. Insyaallah kalau saya jadi Gubernur Kalbar, UMKM tidak akan susah permodalan lagi," ujarnya.

 

Norsan bersama Krisantus telah merancang skema tertentu permodalan UMKM agar bisa lebih mudah diakses. Bahkan, nasabah nantinya tak akan terbebani oleh bunga. Pemberdayaan UMKM tersebut akan bersinergi dengan bank pembangunan daerah (BPD) dalam hal ini Bank Kalbar. Saham Bank Kalbar yang notabene dimiliki Pemda akan diminta memberikan modal untuk UMKM.

 

"Kalau saya jadi gubernur, saya akan perintahkan wali kota dan bupati seluruh Kalbar, berikan pinjaman lunak dengan UMKM. Dengan catatan tanpa bunga. Minimal Rp5 juta dan maksimal Rp200 juta," tegas Norsan.

 

 

BACA JUGA: Ria Norsan Gelar Senam Bersama di Pemangkat, Ratusan Emak-emak Antusias Hadir

Ia memastikan, janji ini akan ditepati bersama Krisantus. Sebab, hal ini adalah komitmennya untuk membangun Kalbar dari berbagai sektor termasuk perekonomian rakyat.

 

"Janji sudah diucapkan namanya utang. Mau lihat saya bohong atau tidak, lihat nanti pas sudah jadi gubernur. Makanya jadikan dulu saya sebagai gubernur," ujar Norsan disambut riuh dari warga.

 

Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2024 ini mengatakan, cukup memahami skema permodalan yang akan dibangun lantaran dia juga memiliki basis sebagai pengusaha.

 

"Jadi tahu saya caranya. 50 sampai 200 juta tak jadi masalah. Dan ini juga tanpa agunan. Dengan modal itu nanti, bisa meningkatkan UMKM dan mendorong lapangan pekerjaan," ujarnya.

 

Ia menambahkan, penyertaan modal tanpa bunga ini sudah pernah dia terapkan di Baitul Maal Wa Tamwil. Di mana para pedagang kecil diberikan bantuan modal tampa diminta keuntungan dari bunga.

Sumber: pontianakinfo.disway.id