Rentcar MaC
Mau iklan?

Mees Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI, Erick Thohir: Semua Bekerja untuk Kepentingan Nasional!

Mees Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI, Erick Thohir: Semua Bekerja untuk Kepentingan Nasional!

Momen Mees Hilgers dan Eliano Reijnders (berpeci) seusai sumpah [email protected]

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi besar kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, DPR, serta jajaran Kemenkumham dan Kementerian Dalam Negeri, yang telah membantu hingga acara pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia bagi kedua pemain sepak bola tersebut dapat terlaksana di Brussel, Belgia, pada Senin, 30 September 2024.

Menurut Erick, pengurusan status WNI bagi Mees dan Eliano di luar negeri bukanlah hal yang istimewa, melainkan bentuk fleksibilitas untuk menyesuaikan waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 di zona Asia.

"Saya sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi, Komisi III dan X DPR, Dirjen AHU, Dirjen Imigrasi, dan Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan proses sumpah WNI bagi Mees dan Eliano. Mengapa di Brussel? Karena mereka tidak punya cukup waktu jika harus kembali ke Indonesia, sementara kita ingin mereka bisa langsung bergabung dan siap bermain melawan Bahrain dan Cina pada bulan Oktober. Ini hasil kerjasama luar biasa, dan saya bangga karena semua pihak bekerja demi Indonesia," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari laman PSSI.

Sebelum sumpah kewarganegaraan tersebut dilakukan di Brussel, proses persiapan berjalan sangat cepat selama seminggu. Mulai dari pembahasan di Komisi III dan X DPR yang menyetujui proses naturalisasi pada Kamis 26 September lalu, hingga pertemuan antara Erick Thohir dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas pada hari yang sama. Pertemuan itu membahas pengambilan sumpah di luar negeri, yang akhirnya diresmikan dengan penerbitan Keputusan Presiden dan pengambilan sumpah Mees dan Eliano sebagai warga negara Indonesia.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jadwal Timnas Indonesia di Bulan Oktober, Dua Laga Away Menanti

Acara pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh wakil Kemenkumham, Dirjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar, serta Duta Besar RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, juga turut hadir.

"Saya berharap dukungan yang luar biasa dari semua pihak ini akan memperkuat timnas dalam laga krusial melawan Bahrain dan Cina. Saya optimistis bahwa coach Shin akan memanfaatkan dua pemain ini untuk strategi baru. Mereka adalah andalan di klub masing-masing," lanjut Erick. Timnas Merah Putih dijadwalkan bertandang ke Bahrain pada Kamis, 10 Oktober, dan ke Cina pada 15 Oktober 2024.

Eliano Reijnders saat ini bermain sebagai gelandang untuk klub Eredivisie Belanda, PEC Zwolle. Ia merupakan adik dari pemain AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reijnders. Eliano memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Syane Lekatompessy, yang berdarah Ambon dan lahir di Jakarta.

Mees Hilgers, bek utama FC Twente, juga memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya, Linda Tombeng, yang berasal dari Sulawesi Utara. Pekan lalu, Mees berhasil membantu Twente menahan imbang 1-1 Manchester United dalam laga Europa League.

Sumber: pssi