Rentcar MaC
Mau iklan?

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Pontianak Lakukan Penyuluhan dan Bimbingan ke Pencaker

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Pontianak Lakukan Penyuluhan dan Bimbingan ke Pencaker

Pengalungan id card kepada para peserta pada Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja oleh PJ Wali Kota Pontianak-Pemkot pontianak-Web

PONTIANAINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak (Pemkot) terus-terusan berupaya dalam menekan angka pengangguran, Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan, adapun diantara upaya yang dilakukan yaitu dengan membuka lapangan kerja baru melalui berbagai program dan kebijakan, seperti salah satunya memperluas kesempatan kerja berupa tenaga kerja mandiri maupun padat karya. 

 

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensi diri dan mengembangkan usaha,” tutur Ani.

 

Dalam upaya memperluas kesempatan kerja dan memfasilitasi penyusunan Rencana Tenaga Kerja (RTK) Mikro, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pontianak sudah melaksanakan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi para pencari kerja (pencaker) di Gedung Pusat Sertifikasi Tenaga Kerja Provinsi Kalbar, Kamis 19 September 2024.

 

Ani berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pencaker. Ia juga menekankan betapa pentingnya program ini bagi masyarakat Kota Pontianak. Penyuluhan dan bimbingan jabatan ini diharapkan dapat membantu para pencaker di Kota Pontianak untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. “Sehingga para pencaker lebih siap menghadapi dunia kerja," ungkapnya.

 

BACA JUGA:Beri Dampak Pada Perekonomian Warga, Pemkot Pontianak Bangun Kawasan Kota Pusaka

 

Untuk lebih  lanjut, Pj Wali Kota menjelaskan bahwa program ini juga bertujuan agar dapat memperluas kesempatan kerja di Kota Pontianak. Pemkot Pontianak berkomitmen akan terus menciptakan lapangan kerja baru dan mempertemukan para pencaker dengan peluang kerja yang tersedia. Ani juga menyoroti betapa pentingnya penyusunan RTK Mikro. 

 

"RTK Mikro akan membantu kita dalam merencanakan dan mengembangkan sumber daya manusia di tingkat mikro, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," ungkapnya.

 

Program ini juga melibatkan berbagai pihak, termasuk Disnaker, pelaku usaha dan lembaga pendidikan. Diharapkannya melalui kolaborasi ini, tingkat pengangguran di Kota Pontianak dapat ditekan dan kualitas tenaga kerja lokal dapat terus ditingkatkan.

 

 "Mari kita bersama-sama membangun Kota Pontianak menjadi kota yang maju dengan sumber daya manusia yang berkualitas," tutupnya. 

Sumber: pemkot pontianak