Rentcar MaC
Mau iklan?

Sungai Mempawah, Surga Memancing Udang di Kalimantan Barat

Sungai Mempawah, Surga Memancing Udang di Kalimantan Barat

Sungai yang terletak di kawasan Pasar Mempawah, Jalan GM Taufik, Kecamatan Mempawah Hilir ini kini menjadi destinasi favorit bagi para pemancing dari berbagai daerah. -Pontianak Disway-Kamera

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Sungai Kapuas, yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Kalimantan Barat, dikenal sebagai arteri utama yang mengalir dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga ke muara di Kabupaten MEMPAWAH. Panjangnya mencapai 1.123 km, atau sekitar 68,39% dari luas Provinsi Kalimantan Barat. 

Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Kalbar, Sungai ini melintasi berbagai kabupaten, termasuk Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Sanggau, sebelum berakhir di Mempawah.

Namun, selain sebagai jalur penting, Sungai Mempawah juga dikenal sebagai surga bagi para pemancing, terutama penggemar udang. Fenomena ini semakin diperkuat pada Juni 2023 ketika Polres Mempawah mengadakan lomba memancing udang se-Kalbar untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-77. Kegiatan ini menarik perhatian luas dan menegaskan reputasi Sungai Mempawah sebagai lokasi memancing yang mengesankan.

BACA JUGA: Ketua Relawan Sahabat Ria Norsan Dukung Penuh Norsan-Krisantus di Pilkada Kalbar 2024


Warga setempat, seperti Erwan dan Syafii, berbagi pengalaman mereka saat memancing di sungai ini. -Pontianak Disway-Kamera

Sungai yang terletak di kawasan Pasar Mempawah, Jalan GM Taufik, Kecamatan Mempawah Hilir ini kini menjadi destinasi favorit bagi para pemancing dari berbagai daerah. Warga setempat, seperti Erwan dan Syafii, berbagi pengalaman mereka saat memancing di sungai ini.

"Dulu saya pernah mendapatkan udang besar di sini, dan hobi memancing ini membantu mengisi dapur di rumah," kata Erwan.

BACA JUGA: Tim Relawan Lasarus Tetap Solid Dukung Norsan-Kristantus Meski Lasarus Tidak Maju

Senada dengan itu, Syafii menambahkan, "Memancing adalah cara kami mengisi waktu pada akhir pekan. Setiap Sabtu dan Minggu, tidak hanya warga Mempawah, tetapi juga pemancing dari kabupaten tetangga datang ke sini," tambah Syafii, Sabtu (7/9/2024).

Dengan ramainya pengunjung dan suasana memancing yang hidup, Sungai Mempawah memang layak disebut sebagai surga bagi pemancing. Tentu kedepannya hal ini menjadi keberagaman aktivitas yang baik dan tidak hanya memperkaya kehidupan lokal tetapi juga memberikan dorongan ekonomi bagi kawasan sekitar.

Sumber: harian disway kalbar