Rentcar MaC
Mau iklan?

Ingin Sebersinar Seperti Maudy Ayunda, Yuk Lakukan 5 Tips Belajar Ala Maudy!

Ingin Sebersinar Seperti Maudy Ayunda, Yuk Lakukan 5 Tips Belajar Ala Maudy!

Maudy Ayunda sukses lolos dan kuliah di 2 kampus top dunia, S1 di Oxford University dan S2 di Stanford University.--Kompas.com

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Selain memiliki keahlian dalam bidang akting dan musik, Maudy Ayunda juga merupakan alumnus dari universitas bergengsi di dunia, yaitu Oxford University. Saat akan melanjutkan ke S2, ia diterima pada dua kampus top dunia sekaligus, yaitu Harvard University dan Stanford University.

Meskipun awalnya ia bimbang antara memilih Harvard atau Stanford, Maudy pada akhirnya memutuskan untuk melanjutkan S2 di Stanford University. Dalam dua tahun, Maudy berhasil menyelesaikan studi pada dua jurusan sekaligus, yakni Administrasi dan Pendidikan, meraih gelar MA dan MBA.

Keberhasilan yang maudy raih sangat menginspirasi banyak masyarakat Indonesia. Ia juga berbagi tips tentang bagaimana cara belajar yang efektif yang ia terapkan. Berikut adalah beberapa tips belajar ala Maudy Ayunda:

 

 

BACA JUGA: Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024 Berdasarkan Persyaratan Umum

 

1. Rajin Membaca Buku 

Buku menurut maudy dan telah menjadikannya sebagai prinsip hidup . Ia juga menerapkan ide teknik dalam membaca cepat. Menurutnya, membaca secara rajin sangat krusial untuk memperluas jangkauan wawasan dan pengetahuan.

 

2. Memahami Konsep, Bukan Menghafal 

Dalam belajar ia bukan hanya tentang mengingat materi, tetapi juga tentang memahami konsep di baliknya. Pengetahuan yang didapat mungkin hanya bertahan beberapa hari dan tidak akan mencapai inti dari pelajaran yang dicari. Hal ini hanya akan menghabiskan waktu belajarmu.

 

Penting untuk secara rutin menulis ringkasan setelah membaca dan mengunci poin-poin penting dari materi yang dipelajari. Selalu mengingat untuk kembali membaca catatanmu, karena hal itu akan membantu dalam pemahaman terhadap sebuah materi.

 

3. Berfokus pada Materi yang Menurut Kamu Sulit Untuk Dipahami 

 

Ketika menghadapi kesulitan memahami materi, ia menyarankan untuk berfokus dan menghabiskan waktu lebih banyak pada bagian yang sulit. Dengan mengidentifikasi kelemahan dalam proses belajar merupakan metode yang paling efektif.

 

Metode belajar seperti ini sangat efektif, terutama jika terdapat banyak materi yang belum dipahami sepenuhnya. Setidaknya, dengan pendekatan ini, kamu dapat mengatasi kekurangan dan mempertahankan pemahaman terhadap sebagian materi.

 

BACA JUGA: Tips Hindari Mantan Ngebet Balikan, Jangan Sampai Dipukul Palu seperti Kasus Penganiayaan di Pontianak!

 

 4. Melakukan Latihan Soal

 

Maudy mengungkapkan, jika pendekatannya dalam belajar tidak melulu membaca habis seluruh materi. Sebaliknya, langkah pertama yang dilakukannya dalam proses belajar adalah dengan menyelesaikan soal-latihan yang ada pada buku.

 

Melakukan latihan soal membantunya memperkuat pemahaman terhadap konsep-konsep sedang ia pelajari. Hal ini memberikan peluang dalam penyerapan ilmu pengetahuan serta lebih mendalami pemahaman terkait topik yang sedang dipelajari.

 

5. Terapkan Study-Life Balance 

 

Untuk mengimbangi kegiatan akademisnya dengan kehidupan pribadi. Menurutnya, menjaga keseimbangan antara belajar dan kesenangan dapat membantu menjaga suasana hati dan meningkatkan kemampuan menyerap ilmu. Karena, dalam belajar kita juga perlu istirahat sejenak agar otak kembali segar. 

 

Sumber: