Rentcar MaC
Mau iklan?

Yussa Nugraha, Bukan Agen PSSI Tapi Ikut Kontribusi Mencari Pemain Keturunan Indonesia di Belanda

Yussa Nugraha, Bukan Agen PSSI Tapi Ikut Kontribusi Mencari Pemain Keturunan Indonesia di Belanda

Yussa Nugraha selaku pemain Indonesia yang berkarir di Belanda dan ikut kontribusi membawa pemain keturunan Indonesia yang ada di Belanda-nugrahayussa-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pencinta sepakbola lebih khususnya Timnas Indonesia, tentumya sudah tak asing dengan nama Yussa Nugraha. Pemuda asal Solo ini, pernah menimba ilmu di Belanda, menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen akhir-akhir ini.

Isi Waktu Luang Kala Pandemi Covid-19

Meski bukan sebagai agen PSSI atau staf resmi, Yussa sendiri berjasa dalam program naturalisasi di PSSI. Dia mengaku hanya mengisi waktu luangnya dengan mewawancarai pemain-pemain keturunan Indonesia di Belanda selama pandemi Covid-19.

Siapa sangka, dengan hobinya tersebut ternyata berbuah manis dengan hadirnya deretan pemain diaspora yang sekarang memperkuat Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Debut Manis Dani Olmo, Jadi Momentum Penentu Kemenangan Barcelona : Aku Gembira

Bukan Agen PSSI

Banyak netizen yang menduga Yussa adalah agen PSSI yang bertugas menemukan pemain-pemain diaspora di Belanda. Namun, Yussa menegaskan bahwa dirinya bukan agen PSSI.

"Bukan kok, saya cuma iseng saja mengisi waktu setelah kuliah dan sambil latihan," kata Yussa, dikutip dari Bola.com

"Awalnya gabut saat pandemi, bingung mau ngapain. Iseng-iseng saja DM pemain-pemain keturunan Indonesia yang di Belanda, eh banyak yang mau diwawancara," kata Yussa.

Dengan berbekal kemampuan berbahasa Belanda dan Inggris, serta pengalamannya sebagai pesepak bola yang dibesarkan di Belanda sejak usia 7 tahun, Yussa dengan mudah menghubungi para pemain. Adapun dalam program wawancaranya, yaitu Obri (Obrolan Ringan bersama Yussa), menjadi semakin populer dan membuat para penggemarnya ketagihan.

BACA JUGA:Debut Jay Idzes di Serie A, Jadi Pemain ASEAN Pertama dan Asia ke-38 yang Bermain di Serie A

Pemain yang Pernah Yussa Wawancarai

Deretan pemain yang diwawancarai Yussa di channel YouTube-nya mulai dari Kevin Diks, Mees Hilgers, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Justin Hubner, Eliano Reidjners, Nathan Tjoe A-On, Tristan Gooijer, hingga Calvin Verdonk. Hampir semua pemain tersebut kini telah menjadi bagian dari Timnas Indonesia. 

Tidak hanya dikenal sebagai karena jasanya dalam program naturalisasi, Yussa juga memiliki pengalaman bermain sepak bola di Belanda. Dia pernah membela tim-tim youth seperti Scheven, SC Feyenoord, dan HBS.

Sumber: warna.nussa