Rentcar MaC
Mau iklan?

Erick Thohir Beberkan Dana yang Dibutuhkan PSSI Untuk Timnas Indonesia Setiap Tahun

Erick Thohir Beberkan Dana yang Dibutuhkan PSSI Untuk Timnas Indonesia Setiap Tahun

Erick Thohir saat bersama Gianni Infantino yang merupakan Presiden FIFA-erickthohir-Instagram

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI membeberkan bahwa pihaknya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mengurus semua keperluan Timnas Indonesia. Dia sendiri memperkirakan kemungkinan uang yang harus tersedia sekitar Rp 500 sampai Rp 800 miliar.

"Kalau kita mau cukup disegani dan persiapannya juga jangka panjang, kita butuh dana Rp 500 sampai Rp 800 miliar per tahun. Ini di luar liga dan lain-lain. Ini masih berfokus ke Timnas. Makannya kami coba mencari dana," kata Erick Thohir dikutip dari Bola Tempo.

Erick mengatakan saat Timnas Indonesia mau melakukan sebuah agenda, banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti pemusatan latihan yang dilakukan Timnas U-17 Indonesia dan Timnas U-20 Indonesia ke luar negeri misalnya, dia menyebut biaya yang dibutuhkan cukup banyak. Hal itu juga berlaku untuk pertandingan tandang seperti yang akan dijalani Timnas Indonesia dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Erick sendiri memberikan contoh dari persiapan untuk laga kontra melawan Cina dan Bahrain pada Oktober mendatang.

BACA JUGA:Jay Idzes Debut saat Venezia Tahan Imbang Fiorentina, Jadi Pemain Indonesia Pertama yang Merumput di Serie A

"Ini ada carter pesawat dari Bahrain ke Cina karena tidak ada connecting langsung, kami harus cari akal." Katanya.

"Ini bukan memanjakan coach Shin atau pemain, ini keharusan mempersiapkan pemain kami sebaik mungkin, ini bukan kemewahan, dan saya rasa tidak semua perjalanan timnas carter pesawat. Ini bagian memaksimalkan performa kita. Kita usahakan Piala Dunia nanti jangan sampai hanya hampir, kalau bisa maksimal," tuturnya.

Mantan presiden klub Inter Milan itu mengungkapkan selama ini federasi mendapat bantuan dana dari pemerintah. Tetapi, di sisi lain, PSSI juga terbuka kepada pihak swasta yang ingin memberi bantuan. 

"Kemarin, alhamdulilah pemerintah sudah kasih bantuan Rp 120 miliar untuk persiapan pemusatan latihan jangka panjang Timnas U-17, Timnas U-20, Timnas Putri, dan timnas senior." Katanya.

BACA JUGA:Klub Punya Erick Thohir, Oxford United Pastikan Promosi Kasta Kedua Liga Inggris

"Tapi, kami tidak menutup mata kalau memang ada banyak pihak yang bisa membantu sponsor dalam skala yang lebih besar lagi. Ini sesuai dengan komitmen PSSI yang tidak bergantung kepada pendanaan pemerintah saja, pihak swasta juga terlibat," kata dia menambahkan.

PSSI sendiri baru saja mendapat bantuan dana dari Bank Mandiri sebesar Rp 80 miliar. Nantinya uang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan Timnas Indonesia di semua kategori.

Sumber: bola tempo