Rentcar MaC
Mau iklan?

Gempa Ganas M 7,0 Menggegerkan Perbatasan Tiongkok-Kyrgyzstan

Gempa Ganas M 7,0 Menggegerkan Perbatasan Tiongkok-Kyrgyzstan

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pada Selasa, 23 Januari 2024, gempa bumi signifikan berkekuatan magnitudo (M) 7,0 melanda sepanjang perbatasan Tiongkok-Kyrgyzstan.

BACA JUGA:Insiden Tabrakan Pesawat di Bandara Jepang Menimpa Korean Air dan Cathay Pacific

Survei Geologi Amerika Serikat mengingatkan akan potensi kerusakan yang luas, meskipun beruntung tidak ada laporan korban jiwa.

Guncangan terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat di wilayah Xinjiang, Tiongkok, dengan kedalaman 13 kilometer. Gempa ini terasa hingga 140 kilometer (85 mil) sebelah barat kota Aksu.

Masyarakat yang terkejut oleh gempa bergegas keluar untuk menyelamatkan diri, meskipun suhu dingin sekitar -10 derajat Celcius pada saat itu.

Warga Kyrgyzstan di ibu kota, Bishkek, juga meninggalkan rumah mereka mencari perlindungan di jalanan. Dampak gempa menyebabkan guncangan pada dinding dan perabotan.

Meski berjarak sekitar 1.400 kilometer, New Delhi, India, juga merasakan gempa tersebut.

BACA JUGA:Konflik Pembakaran Al Quran di Belanda, Protes, Kekerasan, dan Respons Internasional

Serangkaian gempa bumi dengan kekuatan mencapai 5,5 terjadi setelahnya di wilayah tersebut.

USGS menyatakan kemungkinan adanya korban jiwa, terutama di daerah pegunungan dan pedesaan.

Meskipun belum ada laporan korban jiwa di wilayah tersebut, laporan mengindikasikan kemungkinan kerusakan besar.

Pihak berwenang di Kazakhstan melaporkan gempa, tetapi hingga saat ini, belum ada korban jiwa atau kerusakan signifikan yang terkonfirmasi.

Di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, warga berbondong-bondong keluar setelah gempa, seperti yang terlihat dalam gambar di media sosial dan berita lokal.

Peristiwa ini terjadi satu hari setelah tanah longsor mengubur puluhan orang dan menewaskan delapan orang di barat daya Tiongkok.

Sumber: