Rentcar MaC
Mau iklan?

Plaza Seremoni Jadi Pusat Aktivitas Masyarakat di IKN

Plaza Seremoni Jadi Pusat Aktivitas Masyarakat di IKN

Plaza Seremoni dibangun di atas lahan 9,45 hektare, yang berada diantara Istana Garuda dengan Taman Kusuma Bangsa di IKN.-Dok. Ditjen Cipta Karya-Dok. Ditjen Cipta Karya

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan merupakan salah satu bagian tempat yang bisa dijumpai di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Plaza Seremoni dibangun di atas lahan 9,45 hektare, yang berada diantara Istana Garuda dengan Taman Kusuma Bangsa dan sisi kanan kirinya merupakan Kantor Kementerian Koordinator. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan Plaza Seremoni ini nantinya dapat digunakan sebagai area publik terbuka dan pusat aktivitas Masyarakat, baik untuk bersosialisasi, olah raga dan lainnya. 

Untuk menunjang fungsi tersebut, Plaza Seremoni memiliki fasilitas yang lengkap.

Plaza Seremoni hadir dengan visitor center, retail dan galery, toilet dan service area, shared street, plaza timur dan barat, central promenade, forest trail dan forest walk, main amphiteater dan mini amphiteater.

BACA JUGA:Sistem Pengolahan Limbah di IKN Mampu Konversi Sampah Jadi Energi

Di Plaza Seremoni, pengunjung bisa berjalan santai di forest trail dengan area yang hijau dan asri, berfoto dengan latar Istana Garuda ataupun mengadakan kegiatan. 

Plaza Seremoni mulai dibangun sejak Desember 2020 dan selesai pada Desember 2023.

Pembangunan konstruksinya di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero) dan Konsultan Manajemen Konstruksinya oleh PT Virama Karya (Persero) KSO PT Laras Sembada.

Di momen peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Plaza Seremoni ini akan difungsikan sebagai area Ceremonial Lawn (Visitor Center, Amphitheater, Forest Trail, toilet umum, dan Retail/Galeri untuk UMKM)  yang dapat menampung tamu undangan, holding pelaksana upacara dan panitia pendukung. 

Sumber: disway