Rentcar MaC
Mau iklan?

8 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Meriahkan HUT RI Ke-79

8  Ide Lomba 17 Agustus Untuk Meriahkan HUT RI Ke-79

Panjat pinang menjadi contoh salah satu lomba yang sering diselenggarakan saat hari kemerdekaan --

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, PONTIANAK - Menuju HUT ke-79 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti merupakan momen bersejarah yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh rakyat Indonesia. Tak hanya itu setiap tahun berbagai kegiatan dan lomba akan diadakan untuk memeriahkan hari tersebut.  Diantaranya mulai dari lomba tradisional yang kaya akan budaya dan adat istiadat hingga lomba di era sekarang yang dipenuhi inovasi baru. Berikut beberapa referensi lomba yang dapat dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-79, diantaranya: 

 

1. Lomba Panjat Pinang

Primadona yang menjadi salah satu lomba yang paling ditunggu-tunggu dan identik dengan perayaan 17 Agustus. Panjang pinang sendiri merupakan penamaan dari sebuah pohon pinang yang dilumuri minyak atau pelumas ditempatkan di lapangan atau didalam air dan di puncaknya terdapat hadiah-hadiah menggantung.

Kemudian, orang yang memanjat harus memanjat dan mengambil hadiah-hadiah tersebut.

 

2. Lomba Balap Karung

Para peserta yang mengikuti lomba ini diharuskan melompat di dalam karung dari garis start hingga garis finish sehingga mengundang tawa dan keceriaan.  Lomba ini bisa diikuti oleh berbagai kalangan usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Balap karung juga bisa divariasikan dengan menambahkan rintangan-rintangan yang harus dilewati oleh peserta.

 

3. Lomba Tarik Tambang

Lomba yang menguji kekuatan fisik dan kekompakan tim ini dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan beberapa orang dan akan berusaha menarik tali ke arah masing-masing, tujuan nya untuk menarik tim lawan melewati garis tengah yang telah ditentukan. Lomba yang selalu menjadi pusat perhatian karena harus membutuhkan kekuatan, strategi, dan koordinasi yang baik antar anggota tim.

 

4. Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk selalu menjadi lomba yang penuh keseruan dan gelak tawa. Kerupuk yang ada digantung pada seutas tali dan peserta harus memakannya tanpa menggunakan tangan. Peserta yang pertama kali menghabiskan kerupuknya akan menjadi pemenang. Lomba ini menguji kecepatan, ketangkasan, dan kesabaran peserta.

 

5. Lomba Lari Kelereng

Lomba lari kelereng biasanya diikuti oleh anak-anak, meskipun orang dewasa bisa ikut serta untuk menambah keseruan. Peserta harus berlari dan membawa sendok yang berisi kelereng di mulut mereka.

Peserta yang berhasil mencapai garis finish tanpa menjatuhkan kelerengnya akan menjadi pemenang. Lomba ini menguji keseimbangan dan konsentrasi peserta.

 

6. Lomba Pidato dan Puisi

Untuk merayakan HUT RI dengan lebih intelektual dan emosional, peserta dapat mengekspresikan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air melalui kata-kata yang mereka sampaikan. Lomba ini dapat diadakan di sekolah-sekolah, kampus, atau komunitas untuk memupuk rasa nasionalisme dan kreativitas.

 

7. Lomba Kostum Tradisional

Lomba ini dapat menjadi ajang untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Indonesia. Peserta dapat tampil dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menambah semarak perayaan, lomba ini juga bisa menjadi sarana edukasi mengenai keanekaragaman budaya Indonesia.

 

8. Lomba Olahraga Tradisional

Beberapa olahraga tradisional seperti egrang, engklek, dan gobak sodor juga bisa dijadikan lomba untuk menyemarakkan HUT RI. Lomba-lomba ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi sarana untuk melestarikan permainan tradisional yang semakin jarang dimainkan.

Sumber: pontianakinfo.disway.id