Rentcar MaC
Mau iklan?

BREAKING NEWS - Gempa Guncang Nanga Kayan Melawi, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang

BREAKING NEWS - Gempa Guncang Nanga Kayan Melawi, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut," (Photo:BMKG Kalbar).--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - MELAWI, Gempa bumi Tektoknik M=3.5 mengguncang wilayah Nanga Kayan, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat pada Selasa 6 Agustus 2024. Gempabumi terjadi sekitar pukul 03.33 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=3.5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat -0.32 LU dan 111.60 BT, atau tepatnya berlokasi 42 km Barat Laut MELAWI-KALBAR pada kedalaman 10 km.

"Jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Aktif," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Bulungan dengan intensitas II-III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut," ungkap Tony.

Berdasarkan monitoring BMKG pada pukul 11:26:15 WIT belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di wilayah Nanga Kayan, Melawi dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," imbau Tony.

Sumber: bmkg kalbar