Rentcar MaC
Mau iklan?

FAJI Melawi Gelar Kejuaraan Terbuka Arung Jeram Antarklub se-Kalbar

FAJI Melawi Gelar Kejuaraan Terbuka Arung Jeram Antarklub se-Kalbar

Kejuaraan yang digelar di Sungai Kelawai, Desa Nanga Pintas, Kecamatan Pinoh Selatan. (Photo//Wx.pixxelab)--

PONTIANAKINFO.DOSWAY.ID, MELAWI - Gelaran kejuaraan multievent Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Kalimantan Barat masih sangat lama, karena dilaksanakan pada 2026 mendatang.

Begitu juga perhelatan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) II Arung Jeram tingkat provinsi, pun baru akan digelar pada September 2024 mendatang di Kapuas Hulu oleh Pengkab FAJI Kapuas Hulu.

Namun, beberapa klub yang menjadi anggota Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) se-Kalimantan Barat mulai mempersiapkan pengarung jeramnya yang akan masuk dalam daftar awak perahu utusan kabupaten atau kota pada kejuaraan provinsi mendatang.

BACA JUGA:Daftar 5 SMA Favorit di Kabupaten Melawi, Salah Satunya Ada Sekolah Swasta

Semula, menurut Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) FAJI Melawi Oslan Junaidi, kejuaraan ini hanya tingkat Kabupaten Melawi saja, yang sifatnya mencari bibit atlet sekaligus meningkatkan jam terbang atlet yang telah dimilikinya.

"Namun antusias penggiat arung jeram di luar Melawi untuk ikut, maka kami putuskan sebagai ajang kompetisi terbuka antarklub se-Kalbar," kata Oslan.

Selain sebagai event kejuaraan, kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi insan arung jeram di Kalimantan Barat.

"Tradisi para penggiat arung jeram di Kalbar, kalau ada event-event seperti ini juga biasanya kami manfaatkan untuk saling berbagi apa saja seputar arung jeram. Ya semacam kopi daratnya para pengarung jeram di Kalbar," tambah Ketua Umum Pengurus Provinsi FAJI Kalbar, Yan Andria.

Kejuaraan yang digelar di Sungai Kelawai, Desa Nanga Pintas, Kecamatan Pinoh Selatan ini, akan mempertandingkan kelas R4, yakni setiap perahu diawaki oleh empat orang pengarung jeram. Dengan kategori yang dilombakan yaitu Sprint, Head to Head dan Slalom.

Sebagai informasi, sprint adalah jenis lomba yang mempertandingkan kecepatan dalam mendayung. Setiap perahu akan dilepas satu per satu untuk diambil yang tercepat sebagai juaranya.

BACA JUGA:169 Desa di Melawi Terima Kucuran Dana Desa 2024, Ini Rincian Lengkapnya

Berikutnya Head to Head yakni jenis lomba yang mengadu cepat dua perahu serta mulai bermain strategi dalam melintasi rintangan berupaya boyan atau balon apung yang harus diputari 360 derajat.

Lalu Slalom yang merupakan lomba mengadu keterampilan dalam mengendalilan perahu untuk meliuk-liuk melintasi sejumlah gawang yang digantung di badan sungai tanpa menyentuhnya.

Kejuaraan ini sendiri akan digelar pada 21 Juni sampai 23 Juni 2024 oleh Pengkab FAJI Melawi.

Ketua Umum Pengprov FAJI Kalbar, Yan Andria mengapresasi, perhelatan yang diinisiasi sepenuhnya oleh Pengkab FAJI Melawi ini.

Menurutnya, selain sebagai ajang menambah jam terbang atlet, kejuaraan ini juga sebagai evaluasi bagi para pengurus klub atas kesiapan masing-masing atletnya yang tengah disiapkan berlaga di ajang kejurprov di Kapuas Hulu mendatang.

"Waktunya pas sekali, karena disaat para atlet selama berbulan sebelumnya dipusatkan berlatih sesama rekan setimnya oleh masing-masing pengkab maupun pengkot, kini ada sparring partner dari tim lain di luar kabupatennya," kata pria yang akrab disapa Yansu ini. 

 

Sumber: wartapontianak.com