Rentcar MaC
Mau iklan?

Usai Menang FA Cup, Manchester United Terancam Gagal Lolos Liga Eropa?

Usai Menang FA Cup, Manchester United Terancam Gagal Lolos Liga Eropa?

--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Manchester United lolos ke Liga Eropa lewat jalur juara Piala FA. Namun klub Setan Merah bisa saja batal tampil di kompetisi tersebut.

Manchester United finis di urutan delapan klasemen Liga Inggris 2023/2024 alias di luar zona kompetisi Eropa. Meskipun begitu, tim anak asuh Erik ten Hag sukses dengan mendapatkan tiket ke Liga Eropa setelah mengalahkan Manchester City di final Piala FA.

Manchester United sendiri sukses meraih gelar Piala FA setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 2-1 di final. Prestasi tersebut tak hanya membuat skuad Erik Ten Hag mengangkat trofi piala FA, tapi juga tiket otomatis ke Liga Eropa.

BACA JUGA:Hanya Bermodal Ajakan, Seorang Gadis 16 Tahun Diperkosa di Landak 6 Kali

Lagi dan Lagi Kepemilikan Multi Klub

Kelolosan Manchester United ke Liga Eropa ternyata berbenturan dengan aturan UEFA mengenai kepemilikan multi-klub. Hal ini berkaitan dengan INEOS milik Sir Jim Ratcliffe, bos baru Old Trafford yang punya 27 saham di sana.

INEOS tak hanya punya saham di Manchester United, tapi juga jadi investor tunggal klub Prancis Nice yang juga lolos ke Liga Eropa musim depan. Peraturan UEFA sendiri mencegah dua klub milik entitas yang sama berkompetisi di turnamen yang sama.

BACA JUGA:Serahkan Sertipikat Hak Pengelolaan pada PT KAI, AHY Selamatkan Aset Negara 480 Miliar

Kasus Yang Sama Seperti Sang Rival

Kasus seperti ini mirip-mirip dengan kasusnya Manchester City dan Girona di Liga Champions. Kedua klub itu dimiliki City Football Grup yang dikuasai oleh Sheikh Mansour.

INEOS juga angkat bicara soal status Manchester United dan Nice di Liga Europa. Mereka berharap bisa berdiskusi dengan UEFA mencari jalan tengah masalah ini.

"Kami menyadari posisi kedua klub dan kami sedang berdialog langsung dengan UEFA. Kami yakin bahwa kami memiliki solusi untuk musim depan di Eropa," kata juru bicara INEOS.

Andai kata solusi tersebut tidak mendapat titik terang, maka salah satu klub milik INEOS harus rela turun kasta ke UEFA Conference League. Manchester United sendiri punya potensi yang sama dengan Nice untuk gagal tampil di Liga Eropa.

Sumber: disway kalbar