Rentcar MaC
Mau iklan?

Ramai Soal All Eyes on Rafah, Apa Arti dan Maknanya?

Ramai Soal All Eyes on Rafah, Apa Arti dan Maknanya?

--

Ungkapan All Eyes on Rafah sendiri awalnya muncul dari Direktur Kantor Wilayah Pendudukan Palestina di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Rick Peeperkorn, pada bulan Februari 2024 lalu.

Peeperkorn menyerukan All Eyes on Rafah beberapa hari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memerintahkan rencana evakuasi di kota tersebut, menjelang melakukan serangan dilancarkan Israel.

Netanyahu sendiri mengeklaim, Rafah adalah benteng pertahanan terakhir kelompok Hamas di Palestina.

Ungkapan All Eyes on Rafah kemudian digunakan sejumlah selebriti papan atas seperti Varun Dhawan, Aly Goni, Samantha Ruth Prabhu, dan Tripti Dimr. Sekarang, ungkapan All Eyes on Rafah sedang menjadi kampanye di media sosial.

BACA JUGA:Wasiat Xavi Hernandez Untuk Hansi Flick

Yang Terjadi di Rafah

Rafah sendiri merupakan pintu masuk bantuan kemanusiaan sebelum Israel meningkatkan serangan militernya di wilayah tersebut. 

Kota di jalur Gaza selatan tersebut sekarang menjadi tempat satu-satunya penyeberangan perbatasan dengan Mesin dan menjadi titik keluar bagi warga yang mencoba melarikan diri. 

Selama serangan Israel ke Gaza, warga Palestina melarikan diri ke kota Rafah dan berlindung di tenda-tenda yang mereka bangun. 

Sejak Israel mengumumkan rencana operasi darat di Rafah, sekitar 800.000 orang telah meninggalkan kota tersebut. Namun, pada hari Minggu (26/5/2024), sebuah serangan terjadi di kamp tempat perlindungan sementara di kota Rafah yang disebut Tas as-Sultan. 

Serangan tersebut dilancarkan lewat jalur udara. Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan bahwa setidaknya 45 orang tewas akibat serangan udara Israel.

Dilansir dari Al Jazerra, serangan itu menyebabkan sebuah kamp di Rafah terbakar hebat. Banyak shelter yang terbakar saat penghuninya masih berada di dalam. 

Meskipun begitu, tentara Israel mengklaim pihaknya tidak bermaksud menargetkan Rafah. Mereka mengatakan kebakaran disebabkan karena ledakan tangki bahan bakar di wilayah itu.

Sumber: kompas.com