Ancaman Bunuh Diri Gara-gara Mental Health, Gen Z Ingin Adanya Layanan Konsultasi Online

Gantung diri salah satu jalan pintas bagi keputusaan --
Itu karena keterbatasan anggaran, sumber daya, dan wewenang yang mereka miliki. Operator mereka adalah relawan yang juga memiliki pekerjaan lain.
Bagaimana pun, BISA Helpline bukanlah produk kebijakan pemerintah. Sejak awal, mereka hadir untuk mengisi minimnya ruang aman yang dapat diakses oleh orang-orang yang berpikiran untuk bunuh diri.
Menurut Lulu dari Into The Light, keterbatasan dana dan sumber daya itulah yang membuat inisiatif LSM untuk menyediakan saluran pencegahan diri sulit bertahan. Banyak dari mereka bertahan dengan donasi sukarelawan yang tidak tetap.
“Padahal dari yang kami amat di beberapa negara, selain niat dari sukarelawan dan donasi yang tinggi, pendanaan mereka juga dibantu oleh pemerintah. Itu membuat pengelolaan SDM dan promosi layanan mereka menjadi lebih mudah,” papar Lulu.
Selain itu, perlu pula dukungan dari layanan penopang lainnya.
“Crisis center juga selayaknya didukung oleh sistem pelayanan kesehatan dan masyarakat penopang di sekitarnya, misalnya kepolisian. Ini penting sebagai penopang untuk sebagai langkah tindak lanjut saat seseorang mengalami krisis,” ujar dia.
Sayangnya, Lulu mengatakan belum ada kebijakan soal pendanaan dan sistem pendukung hotline pencegahan bunuh diri di Indonesia.
Sumber: disway kalbar