Ancaman Bunuh Diri Gara-gara Mental Health, Gen Z Ingin Adanya Layanan Konsultasi Online

Gantung diri salah satu jalan pintas bagi keputusaan --
Sepanjang 2021, Dita mengatakan lebih dari 212.000 telepon masuk. Lalu pada 2022 ada 114.000 telepon masuk. Sementara jumlah operator yang bertugas ada sekitar delapan hingga 10 orang per sif kerja. Dalam sehari, terdapat tiga sif kerja.
Dia mengakui bahwa mereka cukup kewalahan menghadapi banyaknya penelepon ini.
Para operator itu yang kemudian akan menyambungkan penelepon kepada konselor yang memiliki kapasitas untuk menangani masalah kesehatan jiwa.
Sebagai catatan, tidak semua telepon yang masuk datang dari orang-orang yang memiliki masalah kejiwaan atau berpikiran untuk bunuh diri. Banyak keluhan yang masuk terkait dengan gangguan kecemasan dan ketakutan dengan keramaian.
Salah satu konselor juga menceritakan kepada bagaimana dia merespons keluhan dari orang yang berpikiran untuk bunuh diri.
“Saya cari tahu dulu apa yang menyebabkan dia ingin bunuh diri. Misalnya ada contoh dia terlilit utang karena judi online,” kata konselor tersebut.
“Jadi saya menyarankan untuk beraktivitas supaya mengurangi pikiran itu, karena dia terpikir itu ketika sedang sendiri. Ketika dia berkumpul dengan teman-temannya, tidak terbesit di pikirannya untuk bunuh diri,” sambungnya.
Inisiatif relawan menjawab kebutuhan yang ‘sangat tinggi’
Sumber: disway kalbar