Rentcar MaC
Mau iklan?

10 Desa & 2 Kelurahan Mengungsi Gunung Ruang, Anak-anak & Guru di Tagulandang Tidak Memiliki Fasilitas Belajar

10 Desa & 2 Kelurahan Mengungsi Gunung Ruang, Anak-anak & Guru di Tagulandang Tidak Memiliki Fasilitas Belajar

Rentetan Kronologi Gunung Ruang Erupsi --

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Dalam konferensi pers, Abdul Muhari, yang menjabat sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menyebutkan bahwa terdapat tiga armada transportasi laut yang telah disiapkan untuk membantu proses evakuasi lebih dari 11. 000 penduduk Tagulandang.

 

Gunung Ruang yang terletak di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, telah mengalami letusan lagi dan membuat kolom erupsi mencapai ketinggian 5. 000 Pakar telah mengingatkan bahwa letusan gunung api dapat menyebabkan terjadinya tsunami dalam dua arah.

 

 

Lebih jauh lagi, penduduk disarankan untuk selalu memakai masker, agar terlindungi dari abu vulkanik yang bisa merusak sistem pernapasan.

 

Pulau Ruang telah berhasil evakuasi. Banyak penduduknya sekarang tinggal di Pulau Tagulandang. Menurut informasi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terjadi 15 gempa guguran, 237 gempa vulkanik dangkal (VTB), 425 gempa vulkanik dalam (VTA), 15 gempa tektonik lokal, dan enam gempa tektonik jauh.

 

BACA JUGA:Produsen AstraZeneca Mengakui Adanya Efek Samping TTS/VIT Tersembunyi, Kemenkes Klaim Tak Ada Laporan Keluhan

 

Kolom letusan mencapai ketinggian 5. 000 meter di atas puncak dan miring ke arah timur dan selatan.

 

Sumber: disway kalbar