Rentcar MaC
Cari iklan
Mau iklan?

Pecahkan Rekor Dunia, Indonesia Jadi Negara dengan Durasi Screen Time Terlama Secara Global

Pecahkan Rekor Dunia, Indonesia Jadi Negara dengan Durasi Screen Time Terlama Secara Global

Indonesia tercatat sebagai negara dengan durasi penggunaan smartphone terlama yaitu 6jam/hari--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Konsumen Indonesia tercatat sebagai pengguna dengan screen time ponsel terlama se-dunia, melampaui enam jam per hari, sebagaimana dilansir dalam laporan 2024 State of Mobile oleh perusahaan riset Data.ai.

BACA JUGA:Kenali 3 Dampak Utama Bermain Gadget yang Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Indonesia sangat menonjol sebagai negara dengan penggunaan ponsel tertinggi, di mana setiap pengguna menghabiskan lebih dari 6 jam setiap harinya di berbagai aplikasi ponsel.

Meskipun terjadi penurunan sedikit dalam durasi layar dari 6,14 jam per hari pada tahun 2022 menjadi 6,05 jam pada tahun 2023, namun angka tersebut masih jauh di atas rata-rata global.

BACA JUGA:Mengutamakan Kesehatan Mata Anak di Bawah 5 Tahun, Panduan untuk Orang Tua

Dari 10 pasar teratas yang diteliti oleh Data.ai, rata-rata global melonjak hingga lebih dari 5 jam pada tahun 2023, menandakan peningkatan sebesar 6 persen dari tahun sebelumnya dan tercatat sebagai rekor baru.

Tidak hanya di Indonesia saja, penggunaan aplikasi ponsel yang tinggi juga terdapat pada negara lain seperti Thailand, Argentina, Arab Saudi, dan Brasil, dengan masing-masing melebihi 5 jam per hari pada tahun 2023.

BACA JUGA:Mengasah Kesehatan Mental di Zaman Digital: 7 Kiat Cerdas yang Perlu Anda Terapkan

"Konsumen semakin intens menggunakan aplikasi, menciptakan peluang bagi merek untuk membangun hubungan langsung dengan pelanggan. Pemasar yang menginvestasikan waktu dalam pengembangan pengalaman aplikasi yang lancar dan solusi aplikasi canggih, memenuhi harapan konsumen dan mendapatkan ROI yang tinggi bagi bisnis mereka," ungkap Mike Holtgrewe, Kepala Penjualan Aplikasi di Google, dalam laporan Data.ai yang dirilis pada hari Kamis.

Peningkatan yang signifikan dalam durasi penggunaan yang dihabiskan juga terjadi di Jepang, Australia, dan Kanada, dengan pertumbuhan masing-masing negara sebesar 18%, 16%, dan 16% sejak tahun 2020.

BACA JUGA:Mengungkap Dampak Besar Kurang Tidur: Bagaimana Kesehatan Mental dan Fisik Terpengaruh

Dalam kategori subgenre, empat dari lima kategori teratas, yang diurutkan berdasarkan durasi pemakaian, berasal dari genre hiburan atau media sosial. Genre-genre ini menyumbang lebih dari dua pertiga dari total waktu yang dihabiskan di aplikasi ponsel.

Pengguna Indonesia menghabiskan total 134,7 miliar jam di aplikasi hiburan berbasis video seperti YouTube dan TikTok. Aplikasi-aplikasi yang paling populer termasuk YouTube, TikTok, WhatsApp, Instagram, dan Google Chrome. Secara global, para pengguna menghabiskan total 5,1 triliun jam di smartphone mereka, atau sekitar 14 miliar jam/hari.

BACA JUGA:Kesehatan Mental di Era Digital: Dampak Media Sosial pada Kesejahteraan Jiwa

Sumber: