Rentcar MaC
Cari iklan
Mau iklan?

Meluruskan Isu tentang Pergantian BBM Subsidi, Benarkah Pertalite Hilang dari Pasaran?

Meluruskan Isu tentang Pergantian BBM Subsidi, Benarkah Pertalite Hilang dari Pasaran?

Apakah Pertalite benar-benar menghilang dari pasaran? -Dok My Pertamina-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Isu mengenai potensi pergantian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dari jenis Pertalite ke Pertamax Green tengah menjadi sorotan masyarakat. Namun, apakah benar Pertalite telah menghilang dari pasaran?

Harga BBM Pertamax Green yang telah tersedia di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mencapai 13.900 per liter, sementara Pertalite dijual dengan harga 10.000 per liter.

BACA JUGA:Honda Civic Meletup Terbakar di POM Bensin, Pengemudi Kena Luka Bakar di Tangan & Kedua Kaki

Sebenarnya, usulan untuk mengganti Pertalite dengan Pertamax Green telah diajukan oleh Pertamina sejak tahun sebelumnya.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menjelaskan bahwa kajian yang disebut Program Langit Biru masih dalam tahap internal dan belum mendapatkan keputusan resmi dari pemerintah.

"Program ini merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan resmi dari pemerintah," ungkap Nicke.

Menurut Nicke, kajian tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas BBM, karena bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih tinggi diyakini lebih ramah lingkungan.

Sebelumnya, dilaporkan oleh Disway bahwa salah satu SPBU di Jakarta Barat, SPBU Pertamina 34.116.08 di Pos Pengumben, tidak lagi menyediakan Pertalite di plang depan.

Plang di SPBU tersebut hanya menampilkan jenis bahan bakar Pertamax, Pertamax Green, dan Pertamax Turbo.

"Pertalite sudah tidak dijual selama dua pekan terakhir, digantikan oleh Pertamax Green dengan harga 13.900 per liter," ungkap seorang petugas SPBU.

Pergantian dari Pertalite ke Pertamax Green 95 telah dilaksanakan sejak awal bulan April.

Namun, masyarakat sendiri belum sepenuhnya mengetahui tentang pergantian jenis BBM ini karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak terkait.

BACA JUGA:Harvey Moeis Tidak Ajukan Praperadilan dalam Kasus Dugaan Korupsi Timah

Melalui langkah ini, diharapkan BBM yang digunakan masyarakat dapat menjadi lebih ramah lingkungan dan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Sumber: disway