Rentcar MaC
Mau iklan?

Gelombang Wisatawan Membludak di Nusa Dua dan Mandalika saat Libur Lebaran 2024

Gelombang Wisatawan Membludak di Nusa Dua dan Mandalika saat Libur Lebaran 2024

Selama masa libur Lebaran, terjadi peningkatan jumlah pengunjung di kawasan The Mandalika dan The Nusa Dua, mencapai total 47.786 wisatawan.-Dok. ITDC-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Kunjungan wisatawan ke Nusa Dua dan Mandalika meningkat secara signifikan selama libur Lebaran 2024.

Data dari InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), pengelola kedua kawasan tersebut, mencatat jumlah kunjungan wisatawan periode 8-18 April mencapai 47.786 orang.

Puncak kunjungan terjadi pada Rabu, 17 April 2024, bertepatan dengan Lebaran Topat, dengan jumlah 13.835 orang. Moment ini menjadi perayaan khusus bagi masyarakat Suku Sasak, yang turut meramaikan pantai di sekitar kawasan Mandalika.

BACA JUGA:Mengenal Keindahan Kota Isfahan, Permata Persia Kuno hingga Pusat Reaktor Nuklir di Iran Dirudal Israel

Mayoritas kunjungan didominasi oleh wisatawan domestik, mencapai 39.628 orang. Wisatawan asal Lombok menyumbang jumlah kunjungan terbanyak, yaitu 29.721 orang, diikuti oleh Sumbawa dengan 3.963 orang, dan wisatawan mancanegara sebanyak 4.403 orang.

Di Mandalika, terdapat beberapa destinasi favorit wisatawan seperti Bazaar Mandalika, Kuta Beach Park (KBP), Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Seger dan Serenting, serta Pertamina Mandalika International Circuit.

BACA JUGA:Rencana Liburan Tanpa Khawatir: Tips Hemat Biaya yang Pasti Efektif

Program Lampaq di sirkuit tersebut juga mendapat respon positif dengan jumlah kunjungan mencapai 2.245 orang.

Sementara di Nusa Dua Bali, kunjungan wisatawan ke Daya Tarik Wisata (DTW) Water Blow, Peninsula Island, mencapai hampir 3.000 orang selama libur Lebaran, meningkat 87 persen dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Adiwana Jelita Sejuba Natuna, Oase Mewah Merangkai Pesona Alam Pulau Natuna

Direktur Utama ITDC, Ari Respati, mengamati bahwa wisatawan membawa anggota keluarga untuk menikmati keindahan kedua kawasan tersebut.

Kegiatan favorit di Mandalika adalah mengunjungi KBP dan menikmati sunset di Bukit Merese. Sedangkan di Nusa Dua, wisatawan menikmati Kecak and Barong Dance, Devdan Show, Museum Pasifika, dan berbagai fasilitas lainnya.

BACA JUGA:Inilah 5 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Okupansi kawasan Nusa Dua selama libur Lebaran 2024 mencapai 81 persen, meningkat 3,35 persen dari tahun sebelumnya. ITDC optimis kunjungan akan terus meningkat pada Triwulan II 2024, dengan berbagai acara menarik seperti Konferensi Jaksa ASEAN, Musrenbang, Adhyaksa International Run pada April, Konferensi Pariwisata PBB (UNWTO), World Water Forum 2024 pada Mei, dan Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2024 pada Juni.(*)

Sumber: