Rentcar MaC
Mau iklan?

Israel vs Iran, Siapa yang akan Menang? Simak Perbandingan Kekuatannya!

Israel vs Iran, Siapa yang akan Menang? Simak Perbandingan Kekuatannya!

Pasukan Israel berada di sekitar kendaraan artileri self-propelled di sekitar Kiryat Shmona, dekat perbatasan Israel-Lebanon, pada hari Kamis (6/7/2023).--

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pada akhir pekan lalu, terjadi serangan dari Iran terhadap pangkalan militer Israel. Serangan ini dipicu sebagai balasan atas serangan Israel terhadap Kedutaan Besar Iran di Suriah. Namun, ketegangan antara kedua negara semakin meningkat dengan serangan balasan yang dilancarkan Israel pada Jumat (19/4/2024) bertepatan dengan hari ulang tahun Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran.


Pemukiman Israel di Bom Iran-Adhitya-Twitter

Saat ini, situasi geopolitik ini membuat perbandingan kekuatan militer antara Iran dan Israel menjadi sorotan. Berdasarkan Global Firepower (GFP), Iran menduduki peringkat 14 dari 145 negara yang dinilai, dengan skor PwrIndx 0,2269. Sementara Israel berada di peringkat 17 dengan skor PwrIndx 0,2596. Meskipun secara keseluruhan tidak jauh berbeda, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dalam aspek kekuatan militer.

 

Iran memiliki angkatan bersenjata yang besar di Timur Tengah, dengan sekitar 580.000 personel aktif dan 200.000 personel cadangan terlatih, termasuk tentara dan Islamic Revolutionary Guards Corps. Mereka juga memiliki gudang rudal balistik dan drone terbesar di kawasan tersebut, termasuk rudal dengan jangkauan hingga 2.000 kilometer dan drone dengan jangkauan hingga 1.550 mil.

BACA JUGA:Massa Ricuh Lempar Batu di Depan MK, Sengketa Pilpres Semakin Memanas

Di sisi lain, Israel unggul dalam kekuatan udara dengan 612 jet tempur dibandingkan dengan Iran yang memiliki 551 jet tempur. Meskipun jumlah pesawat lebih sedikit, Israel menonjol dalam kualitas pesawat militer, yang dapat menjadi faktor penentu dalam konflik. Namun, Iran memiliki keunggulan dalam jumlah tank dan kendaraan bersenjata.

BACA JUGA:Menjelang Pilkada, Kasus Pemalsuan Nilai Mahasiswa s2 yang juga Politisi Viral, Kepentingan Politik?

Perbandingan secara rinci antara Iran dan Israel menurut Global Firepower Index adalah sebagai berikut:

 

- Sumber daya manusia: Iran lebih unggul

- Kekuatan udara: Israel lebih unggul

- Kekuatan darat: Iran lebih unggul

- Kekuatan maritim: Iran lebih unggul

Sumber: disway kalbar