Rentcar MaC
Mau iklan?

Pemerintah Menjaga Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Idul Fitri 1445 Hijriah

Pemerintah Menjaga Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Idul Fitri 1445 Hijriah

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan-Disway.id/Anisha Aprilia-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pemerintah mengambil langkah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, yang tinggal kurang dari 2 pekan lagi. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menegaskan bahwa stok bahan pokok selama Ramadan hingga Lebaran 2024 aman.

"Dalam menjelang Lebaran dan selama bulan suci Ramadan, ketersediaan bahan pokok lebih dari cukup," ungkap Zulhas usai menghadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Senin, 25 Maret 2024.

BACA JUGA:Sotong Pangkong: Kelezatan yang Memikat Wisatawan di Pontianak

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying. "Tidak perlu khawatir, belilah seperlunya saja. Ketersediaan stok beras, gula, ayam, telur, bawang, cabai, semuanya, lebih dari cukup," tambahnya.

Zulhas memastikan bahwa harga bahan pokok tidak akan mengalami kenaikan menjelang Lebaran. "Insya Allah, selama Ramadan hingga Lebaran, harga tidak akan naik," tegasnya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, juga menambahkan bahwa stok cadangan pangan selama bulan Ramadhan sudah mencapai 1,2 juta ton.

"Kami memastikan bahwa cadangan pangan pemerintah sangat cukup, dengan jumlah mencapai 1,2 juta ton. Selain itu, telah terjadi kerja sama antar daerah," jelas Arief.

Dia juga optimis bahwa proses distribusi bahan pokok tidak akan terlalu terhambat, terutama setelah Polri memberlakukan pengecualian pembatasan angkutan bahan pokok selama Lebaran.

BACA JUGA:Mengoptimalkan Kinerja Otak: 6 Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar

"Kapolri telah memberikan dukungan penuh terhadap kelancaran transportasi yang terkait dengan bahan pokok, sehingga panen untuk bulan ini mencapai 3,8 juta ton, dan bulan depan diperkirakan mencapai 4,9 juta ton dari kebutuhan 2,5 juta ton. Jadi, stok kami pastikan cukup," ungkap Arief.

Dengan langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah, diharapkan ketersediaan bahan pokok dapat terjaga dengan baik menjelang perayaan Idul Fitri, sehingga masyarakat dapat merayakan momen tersebut dengan tenang dan berbahagia.***

Sumber: disway