Rentcar MaC
Mau iklan?

Jadwal Terbaru Rekrutmen CPNS & PPPK 2024: Pendaftaran Dibuka pada Bulan Mei, Prioritas Fresh Graduate

Jadwal Terbaru Rekrutmen CPNS & PPPK 2024: Pendaftaran Dibuka pada Bulan Mei, Prioritas Fresh Graduate

Pengumuman CPNS Resmi dibuka-Erwin Irvandi Putra-Desa Bungko

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Peminat yang bersemangat untuk bergabung dalam seleksi CPNS dan PPPK 2024 pasti akan gembira mendengar kabar ini.

 

Badan Kepegawaian Negera (BKN) telah secara resmi mengonfirmasi bahwa seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dimulai pada bulan Mei tahun tersebut.

 

Informasi ini disampaikan oleh Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, yang menyatakan bahwa pemerintah akan mengumumkan rekrutmen CPNS dan PPPK untuk instansi pusat pada minggu ketiga Mei 2024.

 

Haryomo menjelaskan bahwa saat ini sejumlah Kementerian/Lembaga masih melakukan penyesuaian terhadap formasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

BACA JUGA:Buka Peluang Karier Anda! Daftar Sekarang untuk Rekrutmen BUMN 2024!

"Bulan Mei akhir akan kita umumkan formasi apa saja yang akan dibuka dalam rekrutmen ASN 2024, termasuk CPNS dan PPPK," ungkap Haryomo di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, pada Selasa (19/3/2024).

 

Setelah pengumuman formasi pada akhir Mei, tes CPNS dan PPPK untuk instansi pusat dijadwalkan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

 

"Tes akan dilakukan sebulan setelahnya, pada akhir bulan Juni kita akan melaksanakan seleksi untuk formasi di luar kedinasan atau formasi umum," tambahnya.

 

Lebih lanjut, Haryomo menyatakan bahwa tes bagi mereka yang tertarik mengikuti seleksi CPNS-PPPK untuk instansi daerah akan dilaksanakan pada bulan September 2024.

 

"Untuk instansi daerah, tes akan dilaksanakan pada bulan September," ucapnya.

BACA JUGA:Prioritas yang Berubah: Gedung DPR Jadi 'Terakhir' di IKN, Ini Penjelasan Anggota DPR

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menetapkan jumlah formasi CPNS-PPPK sebanyak 1,28 juta.

 

Pada tahun ini, pemerintah memberikan kesempatan lebih besar bagi fresh graduate untuk melamar CPNS. Sedangkan PPPK akan diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan mantan tenaga honorer kategori 2 (THK-2) yang telah tercatat dalam basis data BKN.

 

"Mereka yang baru lulus menjadi fokus utama rekrutmen tahun ini, karena jumlah formasi CPNS kali ini lebih besar daripada sebelumnya. Tentu saja, pemerintah juga tetap berkomitmen untuk menyelesaikan masalah para tenaga honorer," jelas Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024, pada Kamis (14/3).

 

Anas menambahkan bahwa pemerintah berencana merekrut ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate, yang akan menjadi motor penggerak dalam proses birokrasi dan pelayanan publik.

 

Kebijakan rekrutmen ASN talenta digital ini dirancang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, terutama dalam digitalisasi sektor pertanian, industri, pariwisata, UMKM, perdagangan, dan lainnya.

 

"Tidak hanya pada sektor 'hilir', seperti pemasaran digital, tetapi juga pada sektor 'hulu' dalam produksi, misalnya, digitalisasi pertanian untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional," tambahnya.

 

Contohnya, di daerah yang memiliki basis pertanian, pemerintah akan merekrut ASN talenta digital untuk membantu petani setempat. Begitu pula di daerah yang memiliki industri kecil, ASN talenta digital akan membantu mewujudkan smart factory dan meningkatkan efisiensi industri lokal.

 

Selain talenta digital, Menteri Anas juga menyoroti bahwa rekrutmen CPNS-PPPK 2024 juga akan memperhatikan kebutuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan penataan SDM untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sumber: serambinews.com