Rentcar MaC
Mau iklan?

Desak Anies di Pontianak: Soal IKN, Kalimantan Barat Dapat Apa?

Desak Anies di Pontianak: Soal IKN, Kalimantan Barat Dapat Apa?

Anies Baswedan di Desak Anies Pontianak-Adhitya-Disway

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID- Agenda yang dinantikan akhirnya tiba, yaitu Desak Anies Pontianak. Agenda ini berlangsung di Aming Coffee Podomoro, Jl. Putri Candra Midi.

Antusias masyarakat sangat luar biasa terutama teman-teman mahasiswa. Berbagai pertanyaan "didesak" kepada Anies.

Pertanyaan yang paling tersorot dalam agenda ini adalah soal IKN. Anies mengungkapkan bahwa daripada fokus di satu kota, kenapa tidak seluruh kalimantan.

"Sekarang kalau IKN dilanjutkan, Kalimantan Barat dapat apa? Seluruh Kalimantan dapat apa?" Begitu jawab Anies yang disambut sorak sorai hadirin.

Selain itu ada pula pertanyaan soal perbatasan.

Menurut Anies, menjaga perbatasan merupakan soal terberat bahkan bagi negara maju sekalipun.

"Anggaran perbatasan perlu ditingkatkan. Alokasi anggaran sangat penting untuk mengatasi ilegal transfer, kesejahteraan masyarakat diperbatasan harus ditingkatkan sehingga tidak melihat tetangga sebagai kehidupan yang lebih baik" Begitu jawab Anies.

BACA JUGA:Anies Resmikan Kampung Anies di Pontianak: Emak Emak Tenaganya Luar Biasa!

Ada pula pertanyaan tentang banjir yang merupakan isu yang rawan di Kalimantan Barat yang memang langganan terkena banjir.

"Ada 2, jangka pendek dan panjang. Untuk jangka panjangnya ada reforestasi, sedangkan untuk jangka pendek harus ada ukuran dan pengendalian air supaya bisa ditekan volume yang berdampak pada masyarakat, seperti penampungan, tanggul, bendungan, dam, sembari reforestasi jangka panjang, dan ini sulit oleh Pemda, harus pusat" Begitu terang Anies.

Selain itu adapula pertanyaan tentang tanggapan debat cawapres, yaitu soal Cak Imin menggeser program pembangunan ketimbang membangun IKN, lebih baik bangun 40 kota setara Jakarta.

"Kami tidak berencana membuat kota baru, tapi mengupgrade 40 kota, karena urbanisasi akan terjadi, sedang terjadi, beberapa tahun lagi 70% masyarakat akan tinggal di perkotaan. Urbanisasi ini sedang terjadi di dunia, dan Indonesia harus siap. Kami tidak ingin ketika ini terjadi, kita tidak siap, seperti Jakarta yang masalah lain timbul seperti sanitasi, kebersihan. Kita harus upgrade kota kota ini dari segi sanitasi, transportasi, supaya dapat menjadi rumah sampai beberapa dekade ke depan, supaya kita tidak Jakartaisasi" Begitu jawab Anies.

"Pontianak di upgrade menjadi kota yang lebih baik" Begitu tambahnya yang disambut sorak sorai hadirin.

Lalu adapula pertanyaan soal statement Cak Imin tentang pajakin orang terkaya, emang berani? Anies sontak menjawab "Emangnya ada hutang budi apa?"

Sumber: disway kalbar