Rentcar MaC
Mau iklan?

Presiden Jokowi Ungkap 4 Rencana Penting untuk Meningkatkan Kerja Sama dengan PM Australia

Presiden Jokowi Ungkap 4 Rencana Penting untuk Meningkatkan Kerja Sama dengan PM Australia

Presiden Jokowi berjumpa dengan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC), Melbourne, Australia, pada hari Selasa, tanggal 5 Maret 2024.-Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan empat poin kunci untuk memperkuat kerja sama bilateral Indonesia-Australia dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC), Melbourne, Australia.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Prediksi Harga Beras Turun Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Pertemuan ini menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama strategis di kawasan Indo-Pasifik.

Pertama, Presiden Jokowi menyambut baik kemajuan kerja sama bilateral, termasuk penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Kendaraan Listrik. Dia mengharapkan implementasi MoU tersebut segera dilakukan melalui pembentukan joint steering committee dan penyusunan work plan.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Cukup Jelang Ramadan

Kedua, Presiden menyoroti pentingnya perluasan akses pasar untuk menciptakan perdagangan yang lebih seimbang, termasuk izin impor daging dan ternak sapi dari Australia. Kerja sama bidang biosecurity juga penting untuk produk-produk Indonesia seperti buah-buahan dan perikanan.

Ketiga, dalam aspek hubungan antarmasyarakat, Presiden Jokowi menyambut gembira popularitas Indonesia sebagai tujuan studi bagi pelajar Australia dalam skema New Colombo Plan. Dia mengundang lebih banyak pemuda Australia untuk mengunjungi dan mempelajari budaya serta bahasa Indonesia.

BACA JUGA:Jokowi: IKN Bakal Bertransformasi Jadi Metropolis dalam Dekade Mendatang

Keempat, Presiden mengucapkan terima kasih atas dukungan Australia selama keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu. Dia berharap kerja sama dan implementasi proyek infrastruktur serta energi dapat berlanjut, serta menyambut baik peluncuran Strategi Ekonomi Asia Tenggara 2040.

Presiden juga mengundang PM Albanese untuk menghadiri World Water Forum ke-10 di Bali sebagai langkah konkret dalam menghadapi dampak perubahan iklim global.

BACA JUGA:Hebat! Jokowi Sebut Antrian Investor di IKN Makin Panjang

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah sejumlah menteri dan duta besar Indonesia yang bertugas di Australia.(*)

Sumber: