Rentcar MaC
Mau iklan?

Gempa Bumi di Melonguane, BMKG Laporkan Guncangan pada 5 Maret 2024

Gempa Bumi di Melonguane, BMKG Laporkan Guncangan pada 5 Maret 2024

Ilustrasi Gempa bumi-Pixabay-

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pada pagi ini, Selasa, 5 Maret 2024, Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, diramalkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan guncangan gempa bumi.

Gempa ini terjadi pada pukul 04.15 dini hari WIB, dengan magnitudo mencapai 5,0.

Menurut laporan resmi yang dikeluarkan oleh BMKG, gempa tersebut terjadi pada kedalaman 166 kilometer dengan pusat gempa berlokasi di Barat Laut Melonguane-Sulut sejauh 232 kilometer.

Meskipun tidak dilaporkan adanya kerusakan yang signifikan atau korban jiwa, BMKG memberikan peringatan kepada masyarakat terkait potensi gempa susulan.

BACA JUGA:Krisis Air Bersih: Langkah-Langkah untuk Mengatasi Penurunan Kualitas Air Global

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pemantauan dan penanganan bencana alam, BMKG memastikan bahwa informasi yang disampaikan merupakan data awal yang masih bisa berubah seiring dengan penambahan data yang lebih lengkap.

Kepastian dan kecepatan dalam menyampaikan informasi terkait bencana alam seperti gempa bumi sangatlah krusial. Oleh karena itu, upaya BMKG untuk memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada masyarakat terus diutamakan.

Meskipun demikian, kewaspadaan masyarakat di daerah terdampak sangat diperlukan. BMKG mendorong agar masyarakat tetap waspada dan mematuhi petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang.

Kesigapan dalam menghadapi situasi darurat seperti ini menjadi kunci untuk mengurangi risiko dan kerugian akibat bencana alam.

Selain itu, pengetahuan dan keterampilan terkait tindakan darurat dalam situasi bencana juga sangat penting. Pelatihan dan sosialisasi mengenai evakuasi cepat serta pertolongan pertama diharapkan dapat membantu mengurangi dampak negatif dari bencana alam di masa mendatang.

Dalam konteks ini, kolaborasi antara pemerintah, lembaga terkait, dan masyarakat menjadi sangat diperlukan.

Dengan bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas dalam menghadapi bencana alam, kita dapat menjaga keselamatan dan keamanan bersama.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Prediksi Harga Beras Turun Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Situasi gempa bumi di Melonguane, Sulawesi Utara pada hari ini menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya kewaspadaan dan persiapan dalam menghadapi potensi bencana alam di masa mendatang.

Sumber: disway