Rentcar MaC
Mau iklan?

Filipina Desak Negara Tetangga untuk Bersatu Lebih Kokoh Melawan Tiongkok di Laut China Selatan

Filipina Desak Negara Tetangga untuk Bersatu Lebih Kokoh Melawan Tiongkok di Laut China Selatan

presiden filipina-Erwin Irvandi Putra-detik news

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. mengungkapkan pada hari Senin bahwa negaranya tidak memiliki pilihan selain melawan agresi dan tindakan ilegal Tiongkok di Laut China Selatan untuk mempertahankan wilayahnya.

“Sangat disayangkan bahwa meskipun hukum internasional telah memberikan kejelasan, tindakan-tindakan provokatif, sepihak, dan ilegal terus mengancam kedaulatan kami,” kata Marcos dalam pidatonya di Lowy Institute, sebuah lembaga pemikir kebijakan internasional di Melbourne, Australia.

Tiongkok mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, yang merupakan jalur pelayaran vital di dunia. Hal ini membuatnya bertentangan dengan Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei yang juga memiliki klaim atas wilayah tersebut.

Marcos, yang hadir dalam pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara di Melbourne, menyatakan bahwa menentang Tiongkok di Laut China Selatan bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan.

“Kami tidak memiliki pilihan. Kami harus melindungi wilayah republik ini. Itu adalah tugas utama seorang pemimpin,” ujarnya. “Kedaulatan Filipina tidak bisa diganggu gugat, dan jika terancam, kami harus bertindak untuk melindunginya.”

BACA JUGA:Migrasi Global: Dampak Sosial, Ekonomi, dan Politik

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Mao Ning, menuduh Filipina melakukan tindakan provokatif di Laut China Selatan yang merusak kedaulatan Tiongkok.

“Tiongkok telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai hukum untuk menjaga kedaulatan dan kepentingannya,” katanya. “Tidak ada yang namanya gangguan Tiongkok terhadap kapal-kapal Filipina.”

Menteri Luar Negeri Filipina, Enrique Manalo, mendorong negara-negara tetangga regional untuk bersatu lebih kuat dalam menjaga aturan hukum di Laut China Selatan.

Filipina menuduh Tiongkok mendeploy kapal penjaga pantai dan kapal sipil untuk menghalangi akses nelayan ke terumbu karang dan mencegah pasokan ulang pasukan mereka.

Both Marcos and Manalo referred to the Philippines’ legal victory over China in a 2016 arbitration ruling in The Hague, Netherlands, that invalidated Beijing’s vast territorial claims in the South China Sea. China did not accept the ruling.

“Kesepahaman bersama atas lautan dan samudra di wilayah itu mengharuskan kita bersatu dalam menjaga keutamaan hukum internasional sehingga kita dapat memastikan hasil yang adil dan berkelanjutan untuk semua,” kata Manalo. “Ini juga memanggil kita untuk bersama-sama menentang tindakan yang bertentangan atau tidak konsisten dengan hukum internasional.”

BACA JUGA:Dampak Aktivisme di Media Sosial pada Gerakan Politik

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong menyampaikan komentar yang sama dengan Manalo, mengatakan bahwa sembilan negara anggota ASEAN yang diwakili dalam pertemuan puncak Melbourne perlu "menjaga dan melindungi aturan yang disepakati, menjunjung hukum internasional, mencegah konflik, dan membangun kepercayaan strategis."

Dia mengumumkan bahwa Australia akan menghabiskan 40 juta dolar Australia ($26 juta) untuk meningkatkan kemitraan maritimnya di wilayah tersebut yang bertujuan pada keamanan dan kemakmuran.

Australia dan Filipina melakukan patroli laut dan udara bersama di Laut China Selatan untuk pertama kalinya pada bulan November.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan kepada Manalo pada bulan Desember bahwa Tiongkok akan menjaga tekanan militer terhadap Filipina di Laut China Selatan.

 

Artikel ini telah tayang di: ABC News

Sumber: disway kalbar