Kemenag Gelar Pembinaan di MTsN 2 Mempawah : Fokus pada Pembelajaran Menyenangkan dan Disiplin

Rabu 23-10-2024,19:55 WIB
Reporter : Ahmad Mus, S. H
Editor : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH -Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Ikhwan Pohan, mengadakan kunjungan sekaligus pembinaan kepada Kepala Sekolah, Guru, serta Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Mempawah, yang berlokasi di Desa Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

Adapun kegiatan pembinaan ini turut didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Rudiansah, dan Kasi Pendidikan Agama Islam, Muhammad Sabirin, pada Rabu 23 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Ikhwan Pohan menekankan pentingnya peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif bagi para siswa. Menurutnya, metode pembelajaran yang menarik dan interaktif merupakan kunci untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, terutama di madrasah.

"Sangat penting bagi para guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswa. Penerapan metode belajar yang inovatif, baik melalui pendekatan klasikal maupun melalui digitalisasi, perlu dikuatkan agar siswa bisa mengikuti pelajaran dengan lebih baik," ujar Ikhwan Pohan dalam pembinaannya.

BACA JUGA:Pj Bupati Mempawah Lepas 14 Peserta FASI Tingkat Nasional di Bekasi, Siap Tampilkan Generasi Unggul

Ia juga menambahkan bahwa penguatan metode digitalisasi dalam pembelajaran sangat relevan dengan perkembangan zaman saat ini, di mana teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. 

"Menurut Ikhwan Pohan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar-mengajar tidak hanya membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin canggih dan modern," tambahnya.

Selain itu, Ikhwan Pohan juga menyoroti pentingnya kedisiplinan dalam menjalankan tugas sehari-hari bagi para guru dan tenaga kependidikan. Ia menegaskan bahwa kedisiplinan adalah kunci keberhasilan dalam membentuk karakter yang baik, baik untuk pendidik maupun peserta didik.

"Kedisiplinan dalam menjalankan tugas harus menjadi prioritas utama. Para guru dan tenaga kependidikan harus bisa menjadi teladan bagi siswa. Dengan adanya sikap disiplin dan profesional dalam bekerja, kita dapat menginspirasi para siswa untuk mencontoh sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

BACA JUGA:Peringatan HSN 2024, Kepala Kemenag Mempawah Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pesantren Berbasis Moderasi

Dalam kesempatan yang sama, Ikhwan Pohan juga mengingatkan para guru dan tenaga kependidikan untuk terus meningkatkan kualitas diri, baik dari segi keilmuan maupun keterampilan. Ia menyebutkan bahwa peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan di madrasah harus menjadi fokus utama, terutama dalam hal mutu akreditasi madrasah.

"Kualitas madrasah sangat bergantung pada mutu para gurunya. Oleh karena itu, para guru harus terus meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam mengajar. Selain itu, mutu akreditasi madrasah juga harus kita tingkatkan, agar madrasah ini dapat terus bersaing dan memberikan yang terbaik bagi siswa-siswi kita,"imbuhnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Mempawah, Ahmad Darwis, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan pembinaan yang diberikan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Mempawah. Menurutnya, arahan dan pembinaan ini sangat bermanfaat bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan di MTsN 2 Mempawah dalam menjalankan tugas sehari-hari.

"Kami sangat bersyukur atas pembinaan yang diberikan oleh Bapak Ikhwan Pohan. Arahan beliau mengenai pentingnya kedisiplinan dan metode pembelajaran yang menyenangkan sangat bermanfaat bagi kami semua. Kami akan berupaya untuk menerapkan semua arahan tersebut demi kemajuan madrasah ini," tutur Ahmad Darwis.

BACA JUGA:Pj Bupati Mempawah: Hari Santri Nasional 2024 Momentum Lahirkan Kader Generasi Muda Berkualitas

Kategori :