Gercep Usai Dilantik! Menpora Dito Percepat Urus Dokumen Naturalisasi Kevin Diks

Senin 21-10-2024,22:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo segera menangani pengurusan dokumen naturalisasi Kevin Diks, yang diusulkan oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dito mengonfirmasi bahwa pihaknya sudah menerima dokumen terkait dari PSSI dan akan segera mengajukan berkas tersebut ke Kementerian Hukum dan HAM. 

"Di Istana saya sudah langsung berkoordinasi dengan Pak Menteri Hukum dan HAM yang baru saja dilantik hari ini. Kami akan langsung mengurus segala keperluan yang dibutuhkan," kata Dito dalam keteranganya usai dilantik Prabowo Subianto di Istana Presiden pada hari Senin (21/10/2024).

Proses naturalisasi Diks dikebut oleh PSSI agar bisa rampung dalam waktu dekat. Mirip dengan proses yang dialami Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, PSSI berharap Diks dapat resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada awal November mendatang.

Targetnya, bek kelahiran Belanda ini sudah bisa tampil memperkuat Timnas Indonesia dalam dua laga penting menghadapi Jepang pada 15 November 2024 dan Arab Saudi pada 19 November 2024, yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

BACA JUGA:  Mengenal Lebih Dekat Kevin Diks, Calon Pemain Timnas Indonesia Berdarah Ambon

Pada saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kelima Grup C pada fase ketiga zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia perlu setidaknya menduduki peringkat keempat untuk menjaga peluang lolos ke babak berikutnya.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, optimistis bahwa proses naturalisasi Diks akan berjalan mulus. Dukungan penuh sudah diberikan oleh Kemenpora dan Kemenkumham. Menurut Yunus, proses ini juga menjadi fokus utama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Yunus menyatakan bahwa setelah Diks bertemu langsung dengan Erick dan berjabat tangan, proses naturalisasi ini akan segera diumumkan.

BACA JUGA:  Diduga Bantu Bahrain Menang Kontra Australia, Omar Mohamed Al Ali Pimpin Laga China vs Indonesia!

"Kevin Diks yang pertama [diprioritaskan dalam proses naturalisasi pemain]. Setelah jabat tangan dengan ketua umum [Erick Thohir], barulah kita umumkan," ujar Yunus menjelaskan.

Diharapkan dengan bergabungnya Kevin Diks sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Timnas Indonesia dapat semakin kuat dan kompetitif di ajang internasional. Sebagai seorang bek yang memiliki pengalaman bermain Liga Champios Eropa, kehadiran Diks diharapkan mampu memperkokoh lini pertahanan Merah Putih, terutama dalam menghadapi laga penting melawan Jepang dan Arab Saudi.

Dukungan penuh dari pemerintah dan PSSI juga memberikan optimisme bahwa Diks bisa cepat beradaptasi dengan tim dan memberikan kontribusi maksimal untuk mengangkat prestasi sepak bola Indonesia.

Kategori :