Pemkab Mempawah Gelar Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting untuk Pendidik PAUD

Selasa 15-10-2024,15:02 WIB
Reporter : Ahmad Mus, S. H
Editor : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MEMPAWAH - Pemkab Mempawah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menggelar Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting Bagi Pendidik PAUD Tahun 2024. Kegiatan ini resmi dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Mempawah Ismail, di Aula Wisma Chandramidi Mempawah, Senin 14 Oktober 2024.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Mempawah Harleni, Staf Ahli Bupati Bidang SDM Raja Fajar dan tamu undangan lainnya.

Ismail dalam sambutannya mengatakan, permasalahan stunting merupakan prioritas nasional. Ibarat sebuah pertempuran, komitmen pemerintah saat ini yakni menempatkan stunting sebagai musuh yang harus dikalahkan.

“Terkait stunting ini efeknya tidak hanya saat ini, tetapi dalam jangka panjang, seperti menghambat pertumbuhan syaraf, kognitif, motorik, bahasa, resiko obesitas , gangguan psikis, dan reproduksi hingga ke produktivitas,” ujar Ismail.

BACA JUGA:STAI Mempawah Perpanjang MoU dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mempawah 2024

Selain itu, Ismail juga menambahkan terkait efek negatif jangka panjang ini, dapat menggangu kualitas SDM Indonesia di masa yang akan dating. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan pencegahan terjadinya stunting pada anak Indonesia.Tambahnya.

Kegiatan Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting Bagi Pendidik PAUD Kabupaten Mempawah ini bertujuan sebagai salah satu langkah dalam upaya peningkatan kualitas SDM khususnya anak usia dini.

Dengan adanya kegiatan ini, para pendukung PAUD mendapatkan gambaran tentang apa saja upaya yang bisa dilakukan pengampu kepentingan di satuan PAUD untuk ikut mencegah terjadinya stunting pada peserta didik.

Kendati demikian, Ismail berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan kelak agar di terapkan di satuan pendidikan masing-masing sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan bersama yaitu menjadikan peserta didik sebagai SDM unggul dan berkontribusi positif untuk kemajuan Kabupaten Mempawah.

BACA JUGA:Wujudkan Kamseltibcarlantas, Polres Mempawah Gelar Operasi Zebra Kapuas 2024

"Semoga i'tikad dan usaha bersama kita semua dapat membuahkan hasil yang maksimal dalam penurunan stunting di Kabupaten Mempawah," tutupnya.

Kategori :