BMKG Prakirakan Potensi Cuaca Ekstrem di Wilayah Kalimantan Barat Tanggal 11-17 Oktober 2024

Sabtu 12-10-2024,10:16 WIB
Reporter : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Diprakirakan sepekan ke depan, tanggal 11 - 17 Oktober 2024 wilayah Kalimantan Barat berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat. Potensi hujan yang terjadi dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Periode tanggal 11 - 13 Oktober 2024 hujan lebat berpotensi terjadi di seluruh wilayah Kalimantan Barat terutama di wilayah Kabupaten atau Kota : Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Melawi, Sanggau, Sekadau, dan Sintang.

Pada tanggal 14 - 17 Oktober 2024 hujan lebat masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Barat terutama di Kabupaten atau Kota: Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Kubu Raya, Mempawah, Melawi, dan Sintang.

Pasang air laut maksimum di sekitar wilayah Kota Pontianak berpotensi terjadi pada tanggal 11 - 13 Oktober 2024 pukul 13.00 wib s.d. 16.00 WIB.

BACA JUGA:Prakira BMKG Potensi Cuaca Ekstrem Seminggu Kedepan, Sutikno : Dampaknya Mudah Terjadi Genangan

Gelombang laut sepekan ke depan diprakirakan dalam kategori Rendah, namun perlu diwaspadai peningkatan tinggi gelombang pada saat terjadi hujan lebat.

Masyarakat diimbau agar tidak panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti: banjir, banjir bandang, genangan, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang, dan sambaran petir. 

Wilayah bertopografi curam/berbukit patut waspada potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan intensitas sedang - lebat bahkan ekstrem yang terjadi dalam durasi panjang.

Kategori :