Pertumbuhan Ekonomi Pontianak Meningkat Usai Pandemi COVID-19, Edi-Bahasan Siap Lanjutkan di Periode Kedua

Selasa 08-10-2024,19:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Selama masa jabatan Wali Kota Pontianak pada periode 2018-2023, Edi Kamtono bersama Wakilnya, Bahasan, berhasil membawa perubahan signifikan bagi perekonomian Kota Pontianak. Terlepas dari tantangan besar yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 di tahun 2020, Edi-Bahasan menunjukkan kepemimpinan yang tangguh dalam pemulihan ekonomi kota ini.

Berbagai kebijakan strategis yang mereka terapkan mampu menstabilkan serta mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah situasi yang sulit. Pada tahun 2022, ekonomi Kota Pontianak mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Setelah tertekan pada masa pandemi, laju pertumbuhan ekonomi yang tercatat pada tahun 2021 di angka 4,60% berhasil ditingkatkan menjadi 4,98% di tahun 2022. Capaian ini menunjukkan kemampuan Edi-Bahasan dalam memulihkan serta menumbuhkan ekonomi lokal, meskipun dampak pandemi masih terasa.

Upaya pemulihan ini menjadi bukti konkret keberhasilan mereka dalam mempertahankan kestabilan ekonomi di tengah kondisi global yang tidak menentu.

BACA JUGA:  Capaian Edi Kamtono dalam Bangun Infrastruktur Pendidikan Pontianak Patut Dilanjutkan di Periode Kedua!

Infografis pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak yang meningkat usai masa pandemi COVID-19.

Selain keberhasilan di sektor ekonomi, Edi-Bahasan juga fokus pada pengurangan angka pengangguran yang sempat meningkat selama pandemi. Data menunjukkan bahwa pada tahun 2020, angka pengangguran di Kota Pontianak mencapai puncaknya di angka 12,36%, seiring dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang hilang akibat krisis kesehatan global tersebut.

Infografis pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak yang meningkat usai masa pandemi COVID-19, capaian yang akan dilanjutkan di periode kedua.

Namun, melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan dukungan bagi UMKM, angka pengangguran berhasil ditekan hingga turun ke level 8,92% pada tahun 2023. Penurunan ini menjadi bukti konkret bahwa kebijakan yang diterapkan oleh Edi-Bahasan membawa dampak positif bagi masyarakat Pontianak.

 
  BACA JUGA:  Wujudkan Kesejahteraan di Pontianak, Inilah 9 Program Unggulan Edi-Bahasan!

Melihat keberhasilan yang telah dicapai dalam periode pertama, Edi-Bahasan berkomitmen untuk melanjutkan program-program strategis mereka di periode kedua, guna menjadikan Pontianak sebagai kota yang lebih unggul dan sejahtera.

Dengan visi yang kuat dan langkah-langkah konkret yang sudah terbukti berhasil, Edi-Bahasan siap untuk terus membawa Kota Pontianak ke arah yang lebih baik, memastikan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi tetap menjadi prioritas utama.

Kini, di Pemilihan Kepala Daerah Kota Pontianak 2024, Edi-Bahasan kembali maju sebagai calon nomor urut 1. Mereka membawa visi untuk melanjutkan keberhasilan yang telah dicapai dan menuntaskan berbagai program unggulan, demi menciptakan Pontianak yang lebih maju dan berdaya saing tinggi.

Tags : #walikota pontianak #umkm pontianak #umkm #stunting #pontianak #pilwako pontianak #kota pontianak #ekonomi #edi-bahasan #edi kamtono #bahasan
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini