Panwascam Nanga Pinoh Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2024, Qomarul: Peran Tokoh Agama Sangat Penting

Rabu 18-09-2024,21:04 WIB
Reporter : Sy. Nurul Hidayatullah
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID, MELAWI -  Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Nanga Pinoh menggelar sosialisasi pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota tahun 2024. Kegiatan yang dihadiri 50 peserta tersebut diselenggarakan pada Selasa 17 September 2024 di Aula Kantor Camat Nanga Pinoh.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat Melawi dari tokoh masyarakat, agama dan pemuda untuk sama-sama mengawasi tahapan pilkada 2024 ini," ungkap Ketua Panwascam Nanga Pinoh, Reflian Wahyu.

Sementara itu, H. M. Qomarul Khair saat menjadi narasumber menekankan pentingnya peran seluruh elemen masyarakat dalam mengawasi jalannya Pilkada tahun 2024 ini.

BACA JUGA: Hadirkan Mantan Ketua KPU Melawi, Panwascam Nanga Pinoh Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada 2024

“Penyelenggara Pilkada harus dibantu oleh seluruh elemen masyarakat, terutama dalam hal pengawasan, agar prosesnya berjalan dengan baik dan adil,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyoroti peran strategis tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam memperkuat pengawasan selama Pilkada.

“Peran tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat relevan dalam pengawasan, karena mereka memiliki komunitas yang cukup besar di masing-masing agama atau umat yang mereka pimpin,” jelas H.M. Qomarul Khair.

 

BACA JUGA:  Berikut Visi Misi Kluisen - Iif Usfayadi di Pilkada Melawi 2024

Ia juga menambahkan bahwa narasi yang dibawa oleh para tokoh agama dan masyarakat haruslah menyejukkan, guna menciptakan suasana yang kondusif selama proses Pilkada berlangsung.

“Narasi dari tokoh agama dan tokoh masyarakat harus memiliki pesan yang menyejukkan, demi terciptanya Pilkada yang aman dan damai,” ujarnya.

"Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi antar umat beragama serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam pengawasan Pilkada untuk menjaga keadilan dan keteraturan proses demokrasi di Kabupaten Melawi," tandas dia.

Acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Melawi, Johani. Kemudian, ditutup dengan pembacaan deklarasi aman dan sentosa di Pilkada Melawi 2024 diteruskan dengan tanda tangan bersama dari tokoh agama, masyarakat, pemuda dan mahasiswa. 

Kategori :