Incumbent Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal Hadapi Kotak Kosong di Pilkada Bengkayang 2024

Minggu 01-09-2024,18:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Editor : Muhammad Zibi Alifiqri, S. Pd

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID - Pada Rabu, 28 Agustus 2024, pasangan calon bupati dan wakil bupati, Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal, secara resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bengkayang untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Pendaftaran ini didukung penuh oleh sepuluh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan kabupaten partai politik serta simpatisan mereka.

Pasangan ini menggalang dukungan dari koalisi politik yang kuat, terdiri dari sepuluh partai besar, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PDI-P, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai PKB, Partai Perindo, PKS, dan PAN. 

Koalisi ini menunjukkan kekuatan politik signifikan yang dimiliki oleh pasangan Darwis-Rizal dan komitmen bersama dari partai-partai pendukung untuk meraih kemenangan.

BACA JUGA:Ketua Relawan Sahabat Ria Norsan Dukung Penuh Norsan-Krisantus di Pilkada Kalbar 2024

Pada Pilkada Kabupaten Bengkayang tahun 2024 ini, pasangan incumbent Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal dipastikan akan menghadapi tantangan yang unik, yaitu melawan kotak kosong. Situasi ini terjadi karena tidak ada kandidat lain yang mendaftar atau memenuhi syarat dalam pencalonan, sehingga pasangan ini akan bertarung tanpa lawan politik lain. Kondisi ini memberikan tantangan tersendiri, yakni bagaimana mereka dapat memperoleh legitimasi dan dukungan dari pemilih dengan memenangkan suara yang valid.

Partai Demokrat, salah satu anggota koalisi, turut menunjukkan dukungan penuh mereka. Ketua DPC Partai Demokrat, Iyus, saat berorasi, mengungkapkan alasan partainya mendukung pasangan ini, yaitu tingkat kepercayaan publik yang tinggi terhadap mereka.

"Survei dan tingkat kepercayaan publik yang tinggi dari masyarakat menjadi dasar kuat bagi koalisi partai politik untuk mengusung pasangan calon Sebastianus Darwis dan Syamsul Rizal. Termasuklah kami di Partai Demokrat," jelasnya, dikutip dari suaraborneosatu.com.

Kategori :