Kenaikan Harga TBS Kelapa Sawit Mendongkrak Semangat Petani di Pinoh Utara

Senin 08-07-2024,12:44 WIB
Reporter : Rifaldi
Editor : Tim Redaksi

PONTIANAKINFO.DISWAY.ID , MELAWI - Warga Desa Sungai Raya Darat, Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi, merasa senang dengan naiknya harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit (08/07/24) Pagi.

Harga TBS yang mencapai Rp2.605,63/Kg di tingkat pabrik, meningkat dari sebelumnya yang berkisar Rp2.200,00/Kg telah membangkitkan harapan baru di kalangan para petani sawit.

Rian, salah seorang petani lokal, menyatakan kegembiraannya atas kenaikan ini. Dia berharap harga yang naik ini dapat bertahan atau bahkan terus meningkat.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: PKB Rekomendasikan Pasangan Dadi Malin Maju Pilkada Melawi 2024

Rian menjelaskan bahwa petani harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pupuk dan pestisida. Sehingga kenaikan harga TBS menjadi angin segar bagi mereka.

"Tentu senang sekali ya, karena memang biaya perawatan sawit saat ini sangat tinggi, terutama untuk pupuk, jadi alhamdulillah semoga ini bisa bertahan lama," jelasnya. 

Sementara itu, Ibu fitri, seorang toke atau pengepul TBS di wilayahnya tersebut, menambahkan bahwa meskipun terjadi kenaikan harga baru-baru ini, produksi buah kelapa sawit sedang mengalami masa trek atau berbuah sedikit.

Namun demikian, Ibu fitri, tetap optimis bahwa kenaikan harga ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi para pelaku usaha di sektor kelapa sawit, Katanya 

Kenaikan harga TBS kelapa sawit ini menjadi berita baik bagi warga Desa Sungai Raya darat, Kecamatan Pinoh Utara Mereka berharap bahwa tren positif ini akan berlanjut untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pelaku usaha di daerah mereka.

Kategori :